Jakarta, CNN Indonesia — Untuk memberikan rasa manis, gula biasanya ditambahkan ke dalam aneka makanan dan minuman.

Satu yang tak disadari banyak orang adalah hampir semua makanan memiliki kandungan gula alami di dalamnya. Namun kadar manisnya berbeda-beda. Hanya karena tidak terasa manis saat dimakan, belum tentu makanan dan minuman tersebut tidak mengandung gula sama sekali.

Berikut beberapa makanan yang tak disangka justru mengandung gula yang tinggi.

1. Yogurt

Makanan yang berasal dari fermentasi susu ini biasanya dikonsumsi seseorang yang tengah diet. Ahli Kesehatan, Jennifer Jackson menyatakan bahwa meski ukuran satu karton yogurt terbilang kecil, tetapi yogurt dengan rasa dapat mengandung 26 gram gula per porsi.

Untuk mengurangi kandungan gula dalam yogurt sebaiknya pilih yang tawar (plain) dan tambahkan dengan irisan buah segar.

2. Oatmeal instan

Oatmeal sendiri adalah makanan yang sehat. Namun, beberapa variasi oatmeal instan ternyata memiliki 14 gram gula per paket. Jackson menyarankan untuk membuat oatmeal pada malam hari (overnight oat) dengan campuran setengah cangkir susu. Kemudian, simpan di lemari es dan baru dikonsumsi pada keesokan paginya dengan topping kacang atau buah-buahan.

3. Dressing salad

Salad dressing yang rendah atau tanpa lemak terlihat menjadi alternatif baik saat diet. Namun, ternyata saat lemak dihilangkan, rasa akan digantikan dengan gula. Beberapa versi salad dressing dapat mengandung hingga 12 gram gula per dua sendok makan.

4. Minuman berenergi

Saat kehabisan tenaga sehabis olahraga, minuman dengan kandungan elektrolit biasanya menjadi pilihan untuk meningkatkan energi. Energi tersebut didorong dari kandungan gula dan kafein. Satu botol minuman dapat mengandung 14 gram atau lebih gula.

Untuk menghindari konsumsi gula berlebih, ada baiknya untuk memilih segelas air mineral setelah berolahraga.

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171011075143-262-247573/10-makanan-dan-minuman-yang-punya-kandungan-gula-tinggi/

LEAVE A REPLY