5 Alternatif Pengganti Daging Populer untuk Vegetarian

0
89
Ilustrasi. Ada beberapa pilihan pengganti daging populer yang biasa digunakan oleh 
kaum vegetarian. (iStockphoto/alvarez)

CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 18:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Bagi kaum vegetarian, konsumsi daging adalah ‘haram’. Ada beberapa pilihan pengganti daging populer yang biasa digunakan oleh kaum vegetarian.

Ajakan untuk menjadi vegetarian kian populer dalam beberapa tahun ke belakang. Konsep vegetarian diklaim memberi banyak manfaat kesehatan.

Pada dasarnya, vegetarian merupakan konsep atau pola makan yang menghindari asupan daging. Berbeda dengan vegan, kelompok vegetarian umumnya masih bisa mentolerir produk-produk hewan seperti susu dan telur.

Daging sendiri menjadi salah satu sumber protein terbaik. Tubuh membutuhkan protein untuk berbagai fungsi.

Jika Anda ingin mulai mengurangi asupan daging, Anda bisa menggunakan alternatif pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan protein.

Berikut alternatif pengganti daging yang populer, melansir Better Homes & Garden.

1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan dapat menjadi pengganti daging. Selain kaya akan protein, kacang-kacangan juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Anda bisa menjadikan kacang sebagai pengganti daging dalam burger.

2. Terong

Sayuran berwarna ungu ini jadi pilihan populer pengganti daging. Tak hanya kaya akan protein, terong juga rendah karbohidrat dan kalori.

Kandungan antosianin yang memberikan warna ungu pada terong diketahui bersifat antioksidan. Asupan antioksidan dapat melindungi Anda dari paparan radikal bebas.

3. Nangka

Nangka yang masih muda bisa menjadi alternatif pengganti daging. Buah satu ini mengandung sejumlah vitamin A, C, dan B.

Anda dapat memasaknya menjadi seperti daging ayam sebagai bahan utama dalam banyak hidangan. Rasa yang dihadirkan nangka juga cenderung netral dan cocok untuk semua jenis bumbu.

4. Jamur

Jamur merupakan salah satu sayuran yang paling populer dijadikan sebagai pengganti daging karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang mirip seperti daging.

Anda bisa meracik jamur menjadi seperti daging sapi yang dibubuhi bumbu rendang. Selain itu, jamur portobello yang berukuran besar juga biasa digunakan dalam burger nabati dan bisa dipanggang tanpa takut hancur.

5. Tempe

Tempe merupakan pengganti daging berbahan dasar kedelai yang difermentasi. Tak hanya teksturnya yang menyerupai daging, tapi tempe juga mengandung protein yang tinggi.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210210142627-262-604741/5-alternatif-pengganti-daging-populer-untuk-vegetarian

LEAVE A REPLY