Keracunan karbon monoksida yang disebabkan oleh peralatan rumah tangga bisa dihindari dengan beberapa cara berikut. (HobokenHome7/Pixabay)

Jakarta, CNN Indonesia — Karbon monoksida bisa dihasilkan dari banyak sisa pembakaran, termasuk oven, pemanas, pemanggang, dan mobil.

Hanya saja, Anda tak bisa melihat ataupun mencium bau gas karbon monoksida. Hal inilah yang terbilang berbahaya untuk banyak orang.

Meski demikian, bukan berarti Anda tak bisa melindungi keluarga dan rumah Anda dari bahaya terlalu banyak menghirup gas karbon monoksida di rumah.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa langkah menjaga rumah dan keluarga tetap aman dari bahaya gas karbon monoksida yang disebabkan oleh peralatan rumah tangga.

1. Rawat dengan baik semua peralatan rumah tangga. Jangan pernah remehkan pemeliharaan dan perawatan berbagai peralatan rumah tangga, termasuk penghangat air dan berbagai peralatan dengan bahan bakar.

2. Gunakan pemanggang arang atau briket di luar ruangan.

3. Rawat kendaraan bermotor Anda secara rutin agar saluran pembuangan terjaga baik. Jangan nyalakan mobil dalam garasi dalam keadaan tertutup dengan Anda di dalamnya. Namun jangan juga membuka pintu garasi karena asap akan masuk ke dalam rumah.

4. Pastikan rumah, khususnya dapur punya ventilasi yang baik. Pastikan juga jangan ada perabotan dapur yang menghalangi ventilasi sehingga sirkulasi udara berjalan baik.

5. Jika harus menghilangkan cat tembok dengan paint remover, pilih paint remover yang tidak mengandung methylene chloride di dalamnya. (chs)

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171219152714-255-263501/5-cara-cegah-keracunan-karbon-monoksida-di-rumah

LEAVE A REPLY