5 Obat Herbal Penyakit Jantung dari Dapur

0
66
Beragam obat herbal untuk penyakit jantung bisa menjaga kesehatan organ tubuh. 
Anda bisa menemukannya di dapur. (Istockphoto/clubfoto)

CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 09:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara utama menjaga kesehatan jantung. Beragam obat herbal untuk penyakit jantung juga bisa menjaga kesehatan organ tubuh ini.

Makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat seperti minyak zaitun, dan protein tanpa lemak seperti ikan dan ayam, tidak dapat mengalahkan untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Tetapi cara Anda menyiapkan makanan ini juga membuat perbedaan besar. Berbagai herbal telah terbukti memberi jantung Anda dorongan kesehatan tambahan.

Foto: stevepb/Pixabay
Ilustrasi Kayu Manis

Studi review 2013 dari 10 studi sebelumnya menemukan bahwa dosis harian dalam jumlah kecil kayu manis menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL “jahat”, dan trigliserida, jenis lemak darah yang berbahaya. Obat herbal ini juga menurunkan gula darah, melindungi dari diabetes, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Kapulaga

Satu penelitian menemukan bahwa kapulaga, bumbu kuat yang sering ditemukan di masakan India, dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian juga menunjukkan itu membantu menurunkan risiko pembekuan darah.

Mengutip Cleaveland Heart Lab, Anda bisa menggunakan bumbu atau herbal ini ke dalam aneka hidangan makanan yang Anda buat.

Jahe sampai kunyit

Beragam obat herbal untuk penyakit jantung bisa menjaga kesehatan organ tubuh. Anda bisa menemukannya di dapur.

Foto: Istockphoto/clubfoto

3. Bawang putih

Roasted Garlic with Salt, Pepper, Thyme and Olive Oil in a Cast Iron Skillet

Foto: iStockphoto/LauriPatterson
bawang putih

Bawang putih juga bisa menjadi obat herbal penyakit jantung. Dalam artikel 2016 yang meninjau 20 penelitian sebelumnya, bawang putih terbukti secara signifikan menurunkan tekanan darah. Dan studi review lain yang melibatkan 2.300 orang menunjukkan itu menurunkan kolesterol total dan LDL sebanyak 10 persen pada mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

4. Jahe

Fresh ginger root on the wooden table

Foto: iStockphoto/pilipphoto
jahe

Penelitian menunjukkan konsumsi jahe bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Penelitian merekomendasikan 2-4 gram (atau sekitar ½ sendok teh hingga satu sendok teh) sehari untuk mencegah masalah jantung ini.

5. Kurkumin

Raw organic famous and essential spice i.e. Turmeric or haldi or Curcuma or Curcuma, saffron des Indes in a clay bowl along with its powder on brown colored wooden surface.

Foto: Istockphoto/ Mirzamlk
kunyit

Zat ini ditemukan dalam kunyit dan memberi bumbu warna kuning yang kaya. Ini menawarkan keuntungan besar bagi jantung, penelitian menunjukkan: mencegah pembekuan darah yang berbahaya, menurunkan kolesterol, dan mengurangi peradangan yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Asupan kurkumin yang cukup mungkin juga melindungi dari gagal jantung, saat jantung tidak memompa darah sebagaimana mestinya. Dan penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mungkin sama efektifnya dengan obat dan olahraga dalam meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Asupan kurkumin dari kunyit juga menjadi obat herbal penyakit jantung yang bisa dikonsumsi sebagai campuran bumbu makanan.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210210083710-262-604520/5-obat-herbal-penyakit-jantung-dari-dapur/2

LEAVE A REPLY