7 Hobi yang Bikin Panjang Umur

0
90
Ilustrasi. Beberapa hobi disebut bisa membuat seseroang lebih panjang umur. 
(Picjumbo/Viktor Hanacek)

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 16:17 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Hobi merupakan bagian penting yang membuat hidup terasa lebih menyenangkan. Beberapa hobi bahkan disebut bisa membuat umur lebih panjang.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa hobi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan, utamanya bagi kesehatan mental. Hobi dapat membantu Anda mengatasi stres berkepanjangan.

Dengan alur sedemikian rupa, hobi dianggap dapat membuat panjang umur.

Berikut ada beberapa hobi yang membuat panjang umur, menurut sains, mengutip Money Talk News.

1. Membaca

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sussex, Inggris, menemukan bahwa membaca buku dan melarikan diri ke dunia lain dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.

Untuk memberikan hasil terbaik, penelitian merekomendasikan Anda untuk membaca setidaknya selama 6 menit dalam sehari. Membaca disebut efektif dalam menangkan saraf.

Saat membaca, para psikolog mengatakan, pikiran seseorang terkonsentrasi pada apa yang dibacanya. Cara ini dinilai dapat meredakan gangguan ketegangan di otot dan jantung.

Birds eye view of a woman gardener weeding an organic vegetable garden with a hand fork, while kneeling on green grass and wearing red wellington boots.

Ilustrasi. Aktivitas berkebun dikombinasikan dengan suasana hijau yang menenangkan 
dapat memperpanjang angka harapan hidup. (iStockphoto/cjp)

2. Berkebun

Beberapa penelitian menunjukkan, aktivitas fisik seperti berkebun dikombinasikan dengan suasana hijau yang menenangkan dapat meningkatkan angka harapan hidup.

Sebuah penelitian di Australia menemukan, risiko demensia pada orang lanjut usia menurun 36 persen dengan berkebun. Demensia menjadi masalah kesehatan utama pada orang lanjut usia.

Selain itu, sebuah studi dari Harvard University juga menemukan bahwa wanita yang tinggal di tengah area kebun yang subur memiliki tingkat kematian yang rendah.

3. Memasak

Makanan restoran dan olahan telah dikenal akan dampak buruknya terhadap kesehatan. Makanan olahan berisiko memicu penyakit seperti diabetes dan beragam masalah kardiovaskular.

Alih-alih demikian, meracik masakan sendiri membuat seseorang cenderung lebih sehat.

Para peneliti dari University of Washington mencatat, kebiasaan memasak di rumah membuat seseorang lebih patuh dan hati-hati dalam memilih makanan yang bernutrisi.

Hobi merupakan bagian penting yang membuat hidup terasa lebih menyenangkan. Beberapa hobi bahkan disebut bisa membuat umur lebih panjang.

Ilustrasi. Beberapa hobi disebut dapat membuat seseorang lebih panjang umur. 
(PourquoiPas/Thinkstock)

4. Mendengarkan musik

Sebuah studi dari University of London menemukan, menghadiri konser secara teratur dapat memperpanjang angka harapan hidup. Studi juga menemukan bahwa mendengarkan musik selama 20 menit saja dapat meningkatkan kesehatan mental hingga 21 persen.

5. Menjadi sukarelawan

Salah satu cara terbaik untuk membuat diri tetap tersenyum adalah dengan membantu orang lain dengan tulus.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology ini menemukan bahwa menjadi sukarelawan dapat memperpanjang angka harapan hidup. Namun, American Psychological Association memberikan catatan khusus untuk hal tersebut.

“Relawan bisa hidup lebih lama daripada orang yang tak suka menjadi sukarelawan jika mereka melaporkan nilai-nilai altruistik atau keinginan untuk hubungan sosial sebagai alasan utama ingin menjadi sukarelawan,” tulis mereka.

Hasilnya, para peneliti berspekulasi bahwa motivasi yang tepat menjadi kunci dari hasil yang maksimal dari menjadi seorang relawan. Dengan motivasi yang baik, seorang relawan akan terhindar dari stres.

6. Berjalan kaki

Aktivitas sederhana seperti berjalan kaki juga berdampak besar pada kesehatan. Mayo Clinic mencatat, orang yang gemar berjalan kaki mungkin bisa hidup 20 tahun lebih lama daripada orang yang terbiasa dengan gaya hidup sedentari.

Para peneliti mencatat bahwa berjala cepat setidaknya 5 km per jam atau sekitar 100 langkah per menit dapat memperpanjang usia.

7. Memelihara hewan

Umumnya, seseorang akan memiliki ikatan yang kuat dengan hewan peliharaannya. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa seseorang dapat menikmati banyak manfaat dengan memiliki hewan peliharaan.

Misalnya, sebuah meta-analisis yang menemukan bahwa pemilih anjing mengalami penurunan risiko kematian hingga 24 persen.

Sebuah studi terpisah dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology menemukan bahwa orang yang memiliki kucing memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat serangan jantung dan stroke.

Anda bisa memilih satu di antara hobi di atas demi meningkatkan kesehatan, yang pada gilirannya dapat memperpanjang angka harapan hidup.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210223105005-284-609704/7-hobi-yang-bikin-panjang-umur/2

LEAVE A REPLY