Dirangkum dari sejumlah kisah sepanjang 2017, ada beberapa hal yang patut jadi perhatian jika ingin menjadi pribadi yang lebih baik di 2018. (Foto: Thinkstock/Yuri Arcurs)

Jakarta, CNN Indonesia — Pengalaman bisa jadi pelajaran berharga. Begitu juga yang bisa dipetik dari apa yang dialami sepanjang 2017.

New York Times dalam laporannya, baru-baru ini mengurutkan beberapa langkah yang bisa diambil sebagai pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik di 2018.

Langkah yang diambil ini merupakan langkah sederhana yang meski tampak sepele tapi bisa berefek besar. Berikut delapan di antaranya:

1. Bereskan tempat tidur

Kelihatan sepele tapi ketika bangun pagi dan membereskan tempat tidur akan memberikan rasa kebanggaan dan pencapaian tersendiri. Yang akan berujung pada pemikiran akan melakukan hal yang sama untuk hal lainnya.

2. Gunakan sepatu yang tepat

Kalau busana ada salah kostum, sepatu juga demikian. Mengenakan sepatu yang tepat untuk aktivitas sehari-hari bisa jadi langkah yang tepat untuk berbuat lebih baik. Sebagai contoh, ketika Melania Trump yang membuat heboh publik ketika ia mengenakan sepatu stiletto saat datang ke pengungsian usai bencana badai di Houston. Bukan ide yang buruk jika memakai sepatu terbaik untuk aktivitas keseharian, baik fungsi maupun modelnya.

3. Cuci rambut 

Mesti diingat bahwa kulit kepala tetaplah kulit yang mesti dijaga, seperti halnya menjaga kulit wajah yang dibersihkan setiap pagi. Membersihkan kulit kepala dengan shampoo secara rutin tidak ada salahnya dilakukan.

4. Jadwalkan seks 

Kolumnis Cheryl Strayed, seperti dikutip dari New York Times mengatakan, mengatur jadwal seks kedengaran janggal, karena seks mestinya spontanitas. Namun, seperti hal berharga lainnya dalam keseharian, seperti berolahraga atau menulis, seseorang bisa saja tidak mood akan seks, tapi ketika terjadi, selalu senang melakukannya.

5. Menerima hal yang di luar kontrol

Jatuh cinta misalnya? sebuah kisah menarik dari pasangan Gertrude Mokotoff (98) dan Alvin Mann (94) yang bertemu di gym dan kemudian menikah. Pasangan ini mengungkapkan betapa meraka hidup tanpa rasa cemas berlebihan. Mereka tidak dibuat repot oleh persoalan yang mereka tidak bisa kontrol atau atasi.

6. Jika masih merasa stres, bayangkan kisah dongeng yang menghibur

Sesekali jika masih merasa stres, berimajinasi dan bayangkan satu kisah. Dongeng hidup Meghan Markle dan Pangeran Harry misalnya? Tak ada yang tak mungkin.

7. Hadapi kenyataan menjadi tua

Uban bisa jadi bertumbuh, kerut atau keriput muncul di wajah dan lainnya. Terima saja dan tak perlu rusuh terbebani karenanya. Menolak tanda-tanda penuaan hingga depresi bukanlah cara terbaik menikmati hidup.

8. Jatuh, Bangkit lagi

Ingat Hillary Clinton? Kandidat presiden AS ini meski kalah dalam pemilihan umum, ia masih saja terus bangkit, dan muncul di hadapan publik, seperti di panggung Broadway, restoran Italia dan kabaret hotel. (rah)

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180102201949-282-266180/8-langkah-praktis-jadi-pribadi-lebih-baik-di-2018

LEAVE A REPLY