9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Terasa Diet

0
67
Terlalu memaksakan diri untuk diet biasanya hanya memberikan efek sementara. 
Berikut cara turun berat badan tanpa diet yang bisa Anda coba. 
(Foto: Unsplash/Pixabay)

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/02/2021 15:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Banyak cara menurunkan berat badan tanpa diet yang dapat Anda lakukan. Masalahnya, program diet yang saat ini banyak diklaim dapat menurunkan berat badan secara drastis nyatanya hanya memberikan rasa lapar dan efek sesaat bagi yang menjalankannya.

Berikut beberapa tips menurunkan berat badan yang bisa Anda coba tanpa terasa melakukan diet, dilansir dari WebMD.

1. Makan sarapan setiap hari

Ilustrasi Sereal

Foto: ImagesBG/Pixabay
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan selalu menyantap sarapan sehat.

Sarapan setiap hari merupakan kebiasaan yang umum terjadi pada banyak orang yang mengalami penurunan berat badan dan berhasil mempertahankannya.

“Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori, tetapi mereka biasanya makan lebih banyak sepanjang hari, kata Elizabeth Ward, penulis The Pocket Idiot’s Guide to the New Food Pyramids.

Ward mengatakan bahwa sebuah studi menunjukkan orang yang makan sarapan memiliki body mass index (BMI) lebih rendah daripada orang yang melewatkan sarapan.

Cobalah semangkuk sereal gandum dengan potongan buah segar serta segelas susu rendah lemak untuk mengawali hari Anda dengan cepat dan bergizi. Bisa juga menambahkan greek yoghurt yang baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Stop makan di malam hari

ilustrasi malas makan

Foto: iStockphoto/gerenme
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan berhenti makan di malam hari.

Tetapkan waktu berhenti makan agar Anda tidak tergoda ngemil larut malam atau ngemil sembarangan sambil menonton televisi.

“Minumlah secangkir teh atau nikmati semangkuk kecil es krim ringan atau yogurt beku jika menginginkan sesuatu yang manis setelah makan malam. Tetapi setelah itu langsung sikat gigi agar mencegah Anda tidak makan atau minum apa pun lagi,” saran Elaine Magee, penulis Comfort Food Makeovers.

3. Cegah kebiasaan minum manis

Ilustrasi Boba

Foto: iStockphoto/kitzcorner
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan mengurangi minum minuman manis.

Minuman manis mengandung banyak kalori, tetapi tidak bisa mengenyangkan seperti halnya makanan padat.

Puaskan dahaga Anda dengan air mineral, sparkling water dengan jeruk, susu rendah lemak, atau jus buah dalam porsi kecil, alih-alih meminum kopi susu manis, soda, alkohol.

Selain itu, cobalah segelas jus sayuran bergizi dan rendah kalori untuk menahan lapar di antara waktu makan.

4. Pilih makanan kaya nutrisi

Ilustrasi Buah dan Jus

Foto: balt/Pixabay
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan mengutamakan makanan bernutrisi 
seperti sayur dan buah.

Makan banyak buah dan sayuran rendah kalori membantu perut cepat kenyang sehingga menekan keinginan makanan lain yang tak sehat.

Penulis The Volumetrics Eating Plan Barbara Rolss menyarankan untuk memperbanyak sayuran dalam porsi makan Anda. “Isi dapur dengan banyak buah dan sayuran,” ujar Ward.

5. Perbanyak serat

nasi merah

Foto: iStockphoto/DragonFly
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan mengganti nasi putih dengan 
nasi merah, atau mengganti roti putih dengan roti gandum.

Dengan mengganti biji-bijian utuh seperti gandum dan nasi merah akan meningkatkan asupan serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan serat pada makanan dapat membuat perut cepat kenyang sekaligus melancarkan pencernaan.

6. Memasak makanan sendiri

Happy couple standing in kitchen at home preparing together yummy dinner on first dating, spouses chatting enjoy warm conversation and cooking process, caring for health, eating fresh vegetable salad

Foto: iStockphoto/fizkes
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan memasak makanan sendiri.

Strategi sederhana lainnya untuk membantu turunkan berat badan adalah dengan mengontrol lingkungan sekitar Anda.

Mulailah dari mengisi dapur dengan makanan sehat dan memasak makanan sendiri ketimbang sering beli di luar yang sering kali porsi yang disajikan cenderung dalam jumlah besar. Dengan demikian, kalori, kandungan garam, hingga porsinya akan tetap terkontrol.

Sementara apabila datang ke pesta yang menyediakan prasmanan, disarankan untuk menyantap buah dan makanan sehat terlebih dahulu, sehingga tak kalap mengambil makanan yang kurang sehat.

Sebelum kembali makan, tunggu setidaknya 15 menit dan minum segelas besar air.

7. Gunakan wadah makan kecil

Ilustrasi Masakan Asia

Foto: rise-a-mui/Pixabay
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan menggunakan piring kecil 
untuk makan.

Menggunakan piring berukuran kecil secara tidak langsung dapat mengurangi porsi makan. Mengurangi porsi sebesar 10-20 persen saja akan menurunkan berat badan.

Penulis Mindless Eating, Brian Wansink menyarankan untuk mengontrol makan dengan menggunakan mangkuk dan piring kecil. Melihat makanan di piring yang lebih kecil membuat perut merasa cukup. “Makanan akan terlihat berlimpah di atas piring yang mungil,” katanya.

8. Lakukan 10 ribu langkah sehari

Portrait of Young couple running in the park at sunset. Concept sport and love. Warm tone.

Foto: iStockphoto/Kapook2981
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan membiasakan tubuh aktif dengan 
berolaraga.

Cara ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki aktivitas sibuk dan tak sempat berolahraga. Dengan memperbanyak langkah Anda setiap hari, setidaknya 10 ribu langkah kaki per hari.

Sepanjang hari, coba lakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjadi lebih aktif, seperti berjalan sambil berbicara di telepon hingga mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan lebih lama.

9. Tambah asupan protein

Ilustrasi Selai Kacang

Foto: stevepb/Pixabay
Ilustrasi. Cara turun berat badan tanpa diet dengan meningkatkan asupan protein.

Menambahkan sumber protein tanpa lemak atau rendah lemak ke setiap makanan dan camilan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan.

Cobalah yogurt rendah lemak, kacang-kacangan dalam porsi kecil, selai kacang, telur, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak.

Para ahli juga merekomendasikan makan kecil, sering makan dan camilan (setiap 3-4 jam), untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan menghindari makan berlebihan.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210204143022-260-602275/9-cara-menurunkan-berat-badan-tanpa-terasa-diet

LEAVE A REPLY