Cara Memenuhi Gizi Seimbang di Tengah Pandemi

0
62
Ilustrasi. Terdapat sejumlah cara memenuhi gizi seimbang di tengah pandemi 
Covid-19. (Kaboompics)

CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 15:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional yang ke-61 pada 25 Januari 2020. Namun, permasalahan gizi masih banyak dialami oleh masyarakat. Terdapat sejumlah cara memenuhi gizi seimbang di tengah pandemi Covid-19.

“Hari Gizi Nasional berusia 61 tahun, usia yang cukup matang untuk mengentaskan masalah gizi. Tapi, masih terdapat juga kesenjangan, misalnya konsumsi buah dan sayur masih rendah,” kata Kepala Seksi Mutu Gizi Kementerian Kesehatan, Hera Nurlita dalam konferensi pers Royco, Senin (25/1).

Hera menjelaskan, pemenuhan gizi yang seimbang penting untuk untuk kesehatan di segala usia. Pada anak-anak, gizi seimbang merupakan kunci tumbuh kembang dan juga kecerdasan. Sedangkan pada orang dewasa, gizi seimbang dapat mencegah berbagai penyakit.

Berikut sejumlah cara memenuhi gizi seimbang di tengah pandemi Covid-19.

1. Nutrisi makro dan mikro

Penuhi kecukupan nutrisi makro dan mikro setiap hari. Nutrisi makro didapat dari sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan, nutrisi mikro berupa vitamin dan mineral.

“Nutrisi makro dan mikro didapat dari bahan makanan sehari-hari. Ini bisa memenuhi gizi kita,” kata Hera.

2. Porsi yang sesuai

Hera menjelaskan, porsi makanan juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi. Sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan, dalam satu piring diisi dengan asupan karbohidrat sebanyak sepertiga, sayuran sebanyak sepertiga, dan sepertiga lagi merupakan gabungan lauk pauk dan buah-buahan.

3. Makanan yang bervariasi

Variasikan menu makanan setiap hari agar mendapatkan gizi yang cukup. Misalnya lauk pauk sebagai sumber protein dapat diganti-ganti dengan ayam, ikan, daging, serta tahu dan tempe.

Pilih pula menu sayuran dan buah yang berwarna agar nutrisi mikro semakin kaya.

4. Batasi gula, garam, dan lemak

Selain memenuhi kebutuhan gizi, sejumlah asupan juga harus dibatasi agar tak berlebihan dan memicu penyakit. Kementerian Kesehatan merekomendasikan jumlah gula tidak lebih dari 50 gram atau setara 4 sendok makan, garam 5 gram per hari atau 1 sendok teh saja, dan lemak 60 gram atau 5 sendok makan.

5. Baca label makanan

Jika membeli makanan dari luar, selalu cermati label makanan agar mengetahui gizi apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

“Selalu bijak melihat label pangan dan memilih produk yang sehat,” ucap Hera.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210125145205-255-598078/cara-memenuhi-gizi-seimbang-di-tengah-pandemi

LEAVE A REPLY