Cara Mudah Membuat Pisang yang Disimpan Tetap Segar

0
70
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pisang yang disimpan tetap segar. 
(Pexels/Juan Salamanca)

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 14:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Pisang merupakan buah yang cepat berubah warna dan melunak sehingga tak lagi enak dimakan dan terbuang percuma. Anda bisa mencoba sejumlah cara mudah membuat pisang tetap segar dan tahan lama.

Pisang cepat matang dan membusuk karena mengandung gas etilen. Etilen adalah hormon yang dilepaskan tumbuhan untuk matang lebih cepat. Selain pisang, alpukat, tomat, dan kentang juga mengandung hormon etilen ini.

Penyimpanan makanan yang mengandung hormon etilen seperti pisang harus dijauhkan dari makanan yang sensitif terhadap etilen seperti bawang dan wortel.

Berikut cara mudah membuat pisang tetap segar.

Cara membuat pisang tetap segar adalah dengan menghambat gas etilen keluar dari pisang. Dikutip dari Eat This, gas etilen keluar melalui batang pisang atau bagian atas pisang.

Oleh karena itu lepaskan pisang dari tandannya. Lalu, bungkus bagian batang atau atas pisang dengan plastik wrap. Bisa juga direkatkan dengan karet gelang agar plastik kuat dan menutup seluruh bagian ujung pisang.

Percobaan yang dilakukan Food52 menunjukkan, membungkus batang pisang secara terpisah akan memperlambat proses pematangan pisang sehingga tetap segar dan tahan lama.

Jika pisang sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, masukkan pisang ke dalam kulkas. Lemari pendingin menjaga kematangan pisang. Keluarkan pisang saat hendak dimakan.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210301115447-262-612102/cara-mudah-membuat-pisang-yang-disimpan-tetap-segar

LEAVE A REPLY