Deteksi Sinar UV Lewat ‘Hiasan Kuku’

0
233

Berukuran kecil dan berbentuk seperti hiasan kuku, UV Sense bisa mendeteksi paparan sinar ultraviolet yang mengenai kulit. (Ilustrasi/NailArt/Foto: Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia — Seni menghias kuku alias nail art dikenal di kalangan wanita untuk memperindah kuku mereka. Selain cat kuku, hiasan berupa stiker bahkan manik-manik biasa diaplikasikan demi kuku yang cantik. Kini, nail art juga bakal punya fungsi lain, tak hanya sekadar hiasan.

Dilansir dari Metro, sebuah nail art mungil akan memberikan informasi terkait tingkat paparan sinar ultraviolet atau UV. Informasi ini diharapkan dapat membuat penggunanya waspada akan bahaya sinar UV yang mengenai kulit mereka.

Bentuknya yang begitu kecil, membuat alat bernama ‘UV Sense’ ini layaknya hiasan kuku. Tak hanya mendeteksi sinar UV, mengutip dari Allure, alat keluaran La Roche Posay ini juga mampu mendeteksi polusi, kelembaban udara dan tingkat alergi atau semua yang terkait dengan kesehatan kulit.

“Kami memberikan konsumen alat dengan kemampuan bisa diaplikasikan lagi, dan dipakai lagi, dan lagi. Ia bisa bertahan hingga beberapa bulan atau lebih, dan  sangat ramah lingkungan, karena tidak memerlukan baterai,” kata Guive Balooch, kreator UV Sense dikutip dari Allure, beberapa waktu lalu.

Cara kerja alat ini mirip dengan kartu hotel yang digunakan untuk membuka pintu kamar. Jika orang ingin melihat data yang tertangkap oleh UV Sense, seseorang cukup membuka aplikasi di ponsel. Ia mampu terhubung dengan aplikasi tanpa Bluetooth sehingga UV Sense harus didekatkan pada ponsel.

Musim panas ini, alat akan tersedia secara terbatas di Amerika Serikat. Namun, pada 2019, distribusi akan dilakukan secara global. Harga yang dipatok tak begitu mahal yakni sebesar US$50 atau hampir Rp700ribu. Harga ini tentu terbilang kecil untuk alat yang digadang-gadang mampu menjauhkan orang dari risiko kanker kulit.

“Katakan kamu akan jogging. kamu bisa memulai sesi di aplikasi, dan itu akan memberikanmu semua faktor lingkungan selama jogging, jika kamu terpapar sinar UV yang tinggi, misalnya, dan itu akan merekomendasikan gaya hidup atau solusi produk pada paparan tersebut,” jelasnya.

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180115130508-277-268922/deteksi-sinar-uv-lewat-hiasan-kuku

LEAVE A REPLY