Do’a Bersama USM-Indonesia dengan topik “Iman meningkatkan imun sebagai benteng covid 19”

0
13

Kegiatan Do’a Bersama keluarga besar UMS-Indonesia yang mengambil topik Iman meningkatkan imun sebagai benteng covid 19, dilakansakan sebagai memperkuat Iman kita sehingga dengan Iman kita dapat meningkatkan Imun kita sehingga kita sehat dan terlindung dari covid-19. Sebagai manusia beriman bahwa segala sesuatu yang terjadi itu adalah kehendak Allah SWT, maka kita sebagai hambanya banyak berbuat dosa sehingga Allah memberi peringatan kepada kita, kepada manusia di muka bumi ini melalui covid-19 ini. Perlu kita sadari sesuatu yang datang dari Allah dan Kembali karena kehendaknya. Maka dalam acara ini, acara doa Bersama, kita bermunazat kepadaNya. Demikian disampaikan oleh Heri Enjang Syahputra,SE.,M.Ak selalu pelaksana dari acara do’a Bersama USM-Indonesia.

Dalam ceramah nya Al Ustazd Jhony Rangkuti, SKM menyampaikan pesan bahwa sebagai orang yang beragama, yang beriman selain kita berikhtiar dengan menjalan segala usaha dan upaya untuk pencegahan covid-19 dari melakukan berolahraga, berjemur dibawah sinar matahari, meminum vitamin dan suplemen, menjalankan protokol kesehatan. Semua itu adalah bagian dari ikhtiar usaha kita. Dasarnya adalah Iman dulu, kalau betul Iman nya maka Insyaallah daya tahan tubuh atau imunnya pun maka akan semakin membaik, karena ada sandarannya. Kalau orang sudah mngokohkan, menguatkan keimanananya apa yang harus dilakukan?, Seba hagian orang berpikir mengapa masker itu kan ada Allah, kalau Allah berkehendak, pakai masker pun bisa tertular. Maka ini disebut pemahaman Qodariah Jabariah tidak boleh diikuti, pemahaman alhli sunah waljamaah kita sebagai orang beriman ikhtiar itu harus sebanding dengan do’a yang kita lakukan, usaha yang kita lakukan harus sebanding dengan harapan yang kita sampaikan kepada Allah. Berikhtiar dan berdo’a kepada Allah. Yang harus dilakukan Orang Beriman untuk meningkatkan imun yang pertama kita harus sholat, bahwa didalam gerakan sholat jika kita mengerjakan sesuai dengan yang dilaksanakan baginda Nabi, kita seperti melakukan gerakan olahraga. Dengan sholat semoga imun kita semakin kuat. Pesan yang kedua: Mendekatlah kepada Allah insyaallah selamat. Berhentilah melakukan dosa. Kalau imun ingin baik maka jauhi perbuatan dosa, mendekatlah kepada Allah. Terahir pesan Ustadz untuk meningkat iman kita adalah jangan lupa bersedekah, karena kekuatan sedekan adalah ampuh, karena menurut hadist yang sohi bahwa sedekah paling ampuh menolak penyakit. Bila kita mengerjakan ketiga tadi maka Iman kita bertambah sehingga imun kita terjaga. Marilah kita bertaubat, berzikir, semoga Allah SWT menghilangkan virus corona dimuka bumi.

Dalam Sambutannya Rektor USM-Indonesia, Dr. Ivan Elisabeth Purba, M,Kes, acara doa bersama ini adalah bentuk atau wujud dari kepercayaan kita bahwa Tuhanlah yang mengatur hidup kita, kita diajari sesuai core values dari Universitas kita dimana nomor satu adalah SPIRITUALISME. Dalam kondisi sekarang ini kita harus semakin dekan kepada Allah, kepada sesama kita saling membantu, dan terutama sebagai wujud iman kita adalah menjaga kesehatan kita, melaksanakan Protokol Kesehatan terutama 3M.

Acara Do’a Bersama ini terlaksana atas kerjasama Dosen, Tenaga Kependikdikan bersama dengan Persatuan Mahasiswa Muslim Mutiara Akuntansi (PM3I) sebagai ketua PM3I Zalisma Nafila (Mahasiswa Prodi Farmasi semester 6). Dalam ini bertindak sebagai pembaca acara Noviani Ikemali (Mahasiswa Prodi Farmasi semester 6, Pembaca Ayat suci Al Qur’an Syawatul Marwah (Mahasiswa Teknil Laboratorium Medis/Analis Kesehatan semester 2) dan Saritiliwah Risma (mahasiswa Prodi Hukum). Acara Do’a bersama ini dihadiri oleh unsur Pimpinan, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Muslim Universitas Sari Mutiara Indonesia.

LEAVE A REPLY