Lembaga kesehatan Amerika (FDA) mengumumkan bahwa taburan perak atau silver sprinkle ternyata tidak aman untuk dimakan karena alasan kesehatan.(Foto: Thinkstock/RuthBlack)

Jakarta, CNN Indonesia — Siapa yang tak bakal tergoda dengan aneka kue kering dengan warna-warni cantik di pesta Natal?

Sekalipun tergoda, Anda harus tetap mengontrol jumlah kue yang masuk ke dalam perut. Kandungan karbohidrat dan gula dalam kue kering yang terlalu banyak bisa berbahaya untuk kesehatan.

Namun kenyataannya, kue-kue kering bukan hanya masalah kalori tapi juga soal makanan yang berbahaya.

The Food and Drug Administration (FDA) mengungkapkan bahwa salah satu ‘aksesori’ kue kering yang membuat kue terlihat cantik ternyata tak semuanya aman untuk disantap.

Aksesori kue kering yang dianggap tak sehat adalah sprinkles atau taburan mirip beads di atas kue, terutama yang memiliki warna perak.

Mengutip The Daily Meal, dekorasi kue sprinkles berwarna perak ternyata tidak disetujui sebagai makanan yang aman disantap.

Taburan dekoratif yang berlapis perak ini kerap dipakai sebagai penghias aneka kue kering ataupun cake. Bentuknya yang bulat sempurna dan berkilau dianggap sesuai untuk ‘memeriahkan’ kue.

Hanya saja, FDA mengklaim bahwa sprinkle perak ini sudah masuk dalam daftar ‘terlarang’ sejak tahun 1906. Saat itu taburan dekoratif berwarna perak ini sudah dilarang untuk jadi bahan tambahan makanan.

Namun di tahun 1970 dunia kuliner ‘tertangkap basah’ menggunakan taburan dekoratif berwarna perak ini untuk menghias makanan. Tak cuma itu, ada juga orang yang menggunakan taburan ini pada lapisan yang sangat tipis.

Kecurangan-kecurangan nakal ini akhirnya mendorong FDA untuk mengungkapkan bahwa sprinkle ini hanyalah sekadar dekorasi dan tidak bisa dimakan.

Sekalipun taburan ini masih bisa ditambahkan di atas kue kering, namun Anda harus melepaskan semua taburan ini sebelum dimakan.

Mengutip Baker’s Kitchen dari WHDH, taburan berwarna perak ini memang memiliki lapisan gula yang membuatnya terasa manis. Hanya saja kandungan lapisan perak ini membuat mereka tak aman dimakan. (chs)

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171213164839-262-262148/fda-sprinkle-perak-hanya-dekorasi-tak-untuk-dimakan

LEAVE A REPLY