Jakarta,¬†CNN Indonesia¬†— Apakah kamu tahu apa itu pedophilia? Pedofilia merupakan salah satu perilaku menyimpang atau kelainan seksual berupa ketertarikan atau hasrat seksual terhadap anak-anak yang belum memasuki usia remaja atau anak-anak di bawah umur.

Umumnya, orang dengan pedofilia berusia di atas 16 tahun, baik pria maupun wanita. Sedangkan anak-anak yang menjadi korban pedofilia umumnya berusia 13 tahun atau lebih muda 5 tahun di bawahnya.

Dampak yang dapat ditimbulkan terhadap anak yang menjadi korban pedofilia dapat berupa gangguan secara mental maupun fisik, dan hal tersebut dapat terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Gangguan secara fisik yang dialami anak adalah gangguan kesehatan.

Anak-anak korban pedofilia tentunya juga akan mengalami gangguan kejiwaan seperti depresi, gangguan stres pasca trauma, kegelisahan, kecemasan, yang tingkatnya bervariasi. Dan trauma tersebut akan berakibat sangat buruk bagi kehidupan sosial dan intelektualnya.

Psikolog senior, Rose Mini, mengatakan kerusakan yang bisa terjadi pada korban pedofilia disebabkan seberapa besar tekanan yang ia peroleh dari lingkungan, misalnya dimarahi, disalahkan, atau dikucilkan dari lingkungan. Hal ini, kata dia, yang membuat seorang anak merasa tidak nyaman dengan dirinya sendiri.

Namun, dampak akan terlihat berbeda jika ditinjau dari karakteristik kepribadian anak. Anak yang cenderung terbuka, mudah beradaptasi dan bermuatan energi positif akan cenderung lebih mudah pulih dari trauma mereka.

Sedangkan anak-anak yang cenderung tertutup, sulit beradaptasi, bermuatan energi negatif dan sensitif akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan upaya yang lebih besar untuk pulih dari trauma mereka.

Keadaan trauma yang ditimbulkan sebagai dampak dari kejadian pelecehan atau kekerasan seksual dapat terlihat dari perilaku korban. Seorang anak yang sedang dalam keadaan trauma biasanya menunjukkan adanya penurunan derajat aktivitas dan minat sosial, mengalami mimpi buruk, meningkatnya perilaku cemas atau takut akan hal-hal yang sebelumnya tidak ia khawatirkan, bahkan kesulitan tidur hingga bunuh diri. (ded/ded)

Sumber:https://student.cnnindonesia.com/keluarga/20180103113213-436-266349/ini-dampak-bagi-anak-korban-pedofilia

LEAVE A REPLY