Foto: CNN Indonesia/Gilang Fauzi

Jakarta, CNN Indonesia — Sudah sejak abad ke-20 lalu ilmuwan menyadari pentingnya kita ini dekat ke alam demi kebaikan. Keberadaan alam, macam gunung, hutan, pantai, ternyata sangat mempengaruhi keberadaan fisik manusia.

Pekan ini, kembali sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Ada riset yang mengatakan otak kaum lansia yang awalnya tinggal di perkotaan, akan berubah makin sehat saat mereka tinggal dekat hutan.

Riset lain mendapati dampak positif ruang terbuka hijau di perumahan terhadap jangkauan perhatian anak-anak. Ada riset juga yang mendapati terpapar sedikit saja pada sesuatu yang alami, misalnya setangkai bunga kecil, akan menaikkan mood seseorang.

Sebuah riset juga mendapati bahwa luar ruangan, macam pedesaan dan kawasan pantai, akan membuat orang lebih gembira ketimbang mereka yang melihat kebun di rumah perkotaan atau areal parkir.

Semua riset itu mengirimkan pesan bahwa alam berperan dalam kesehatan manusia. Sekaligus juga menggarisbawahi pentingnya kita menjaga kelestarian alam.

“Saat ini kita makin terpisah dari alam di sekitar kita, kita adalah bagian yang menyatu dengan alam yang kita warisi ini, seharusnya tidak terpisah,” tutur Holli-Anne Passmore, seorang mahasiswa doktoral di Universitas British Columbia, seperti dikutip Popular Science. (ded/ded)

Sumber:https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20171123160130-445-257625/ke-gunung-ke-pantai-banyak-manfaatnya-buatmu/

LEAVE A REPLY