Melatih Care Giver

0
24

Melatih Care Giver Tentang Cara Dan Strategi Merawat Orang Dengan Demensia

Demensia merupakan istilah umum (payung) untuk menggambarkan kumpulan gejala penurunan fungsi kognitif seperti daya ingat, emosi, pengambilan keputusan, dan fungsi otak lainnya, yang karena sedemikian parahnya akhirnya mengganggu kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari; Activity Daily Living (ADL) menjadi terganggu.  Perlahan-lahan, semakin banyak bagian otak yang rusak, dan gejala yang timbul pun menjadi lebih parah. Semakin tua usia, semakin rentan untuk terkena demensia.


Caregiver merupakan orang terdekat yang biasanya di Indonesia care giver adalah keluarga dari ODD(orang degna demensia).  Banyak hal yang perlu diketahui dan dilakukan oleh care giver sehingga dalam merawat ODD bisa optimal dan memiliki kualitas hidup yang baik.


Maka dari itu Ns. Siska Evi Martina, S.Kep., MNS yang merupakan salah satu dosen Prodi Ners, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan yang juga merupakan penggerak dan pemerhati Demensia yang bergabung aktif dalam ALZI khususnya wilayah Sumatera Utara dan juga bekerja sama dengan Departemen Neurologi RS USU mengadakan pelatihan bagi care giver tentang “perawatan orang dengan demensia”.

 

Redaksi

Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep

LEAVE A REPLY