Multi Disiplin Ilmu Berbasis Industri 4.0

0
22
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI USM INDONESIA MEDAN
SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL MULTIDISIPLIN
ILMU BERBASIS INDUSTRI 4.0
Pada era digital sekarang ini sangat dibutuhkan bagi pendidikan khususnya dosen, mahasiswa dan stakeholder dalam meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan teknologi pada bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Era digital diawali dengan bergantinya pekerjaan manusia dengan machine learning yang dapat menuntut pada keaktifan dan kemandirian kita dalam menghadapi teknologi berbasis 4.0. Oleh sebab itu dibutuhkan koloborasi multidisiplin ilmu berbasis industri 4.0 bagi dosen, mahasiswa dan stakeholder yang dapat meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan publikasi karya ilmiah di nasional maupun internasional dan pengabdian kepada masyarakat.  Berdasarkan hal tersebut program studi Sistem Informasi USM Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu berbasis Industri 4.0 untuk membentuk dan meningkatkan intelektualitas, mental, dan daya kreatifitas, serta kemandirian mahasiswa/i dalam mengkolaborasi multidisiplin ilmu pada tanggal  28 September 2019 bertempat di Hall Universitas Sari Mutiara Indonesia Jalan Kapten Muslim No. 79 Medan yang dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Karnirius Harefa, S.Kp, S.Pd, M.Biomed.
Sebagai narasumber adalah  Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D dari Universitas Indonesia dengan topic  Tentang penerapan Machine Learning bagi kemajuan dan peningakatan daya saing multidisiplin ilmu bagi pendidikan,penelitian dan pengmas untuk dosen, mahasiswa dan stakeholder, dan Prof. Dr. Muhammad Zarlis, M.Sc dengan topik : Tentang kemajuan dan peningakatan daya saing multidisiplin ilmu bagi pendidikan, penelitian dan pengmas untuk dosen, mahasiswa dan stakeholder.
Penyelenggaraan Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu berbasis Industri 4.0 tahun 2019 berdasarkan pada kerja himpunan mahasiswa prodi sistem informasi, penasehat fakultas dan senat perguruan tinggi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Dengan berlandaskan kepada pengenalan koloborasi multidisiplin ilmu, yang ditujukan kepada mahasiswa, dosen dan stakeholder agar lebih memahami tentang fungsinya kolaborasi ilmu untuk berbasis industri 4.0.
Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu berbasis Industri 4.0 ini adalah sebagai berikut :
  • Menambah dan memperdalam multidisiplin ilmu pada bidang teknologi berbasis industry 4.0 di kalangan mahasiswa/i, dosen dan stakeholder
  • Menghasilkan karya ilmiah pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat nagi mahasiswa/i, dosen dan stakeholder
  • Mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa/i, dosen dan stakeholder
  • Media untuk mengembangkan kreativitas, wawasan dan intelektualitas dalam koloborasi multidisiplin ilmu bagi mahasiswa/i, dosen dan stakeholder
Paper yang masuk berasal dari Aceh, Batam, Padang dan dari Kampus yang ada di Sumatera Utara. Adapun asal peserta terdiri dari :
  • Peserta mahasiswa dari Fakultas Saintek USM Indonesia sebanyak 181 orang
  • Peserta mahasiswa dari kampus AMIK Anak Tunas Bangsa, Univ Prima Indonesia, Universitas Medam Area, Universitas Asahan, Universitas Darma Agung dan Politeknik Bisnis Indonesia sebanyak 15 orang
  • Peserta dosen dari USM Indonesia sebanyak 3 orang
  • Peserta dosen di luar USM Indonesia sebanyak 2 orang
  • Pemakalah mahasiswa dari program studi sistem informasi sebanyak 7 orang
  • Pemakala mahasiswa dari kampus Univ Prima Indonesia, Mahasiswa S2 Ilmu Komputer USU, Mahasiswa S2 UPI YPTK Padang, sebanyak 4 buah paper
  • Pemakalah dosen dari program studi sistem informasi sebanyak 2 buah paper
  • Pemakala dosen dari kampus Univ Prima Indonesia, Universitas Medan Area, STKIP Nias Selatan, UPMI, STIE ITMI, STMIK Mikroskil, STIKES Helvetia, Universitas Dharmawangsa USU, STMIK Royal Kisaran, S3 Manajemen Pendidikan UNIMED, Politeknik Negeri Batam  sebanyak 15 buah paper.  Jumlah peserta dan pemakalah yang hadir pada hari ini sebanyak 229 orang.
Publikassi paper akan terbit pada bulan desember 2019 di OJS Universitas Sari Mutiara Indonesia pada laman http://e-journal.sari-mutiara.ac.id dan acara ini akan kita laksanakan setiap tahunnya.
sumber:http://si.sari-mutiara.ac.id/berita/detail/seminar-nasional-multidisiplin-ilmu-berbasis-industri-40

LEAVE A REPLY