Jakarta,¬†CNN Indonesia¬†— Bagi kamu yang memiliki tubuh gemuk terkadang khawatir terhadap kesehatan tubuh, bukan? Namun, menurut laporan Clinical Guidelines on the Identification, Evaluation, and Treatment of Overweight and Obesity in Adults tahun 1998 dari National Institutes of Health, orang bertubuh gemuk bisa tetap sehat. Tetapi dalam kadar batas berat badan yang cukup dan gaya hidup yang baik.

Para ahli menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan juga dapat dianggap sehat, jika memenuhi kriteria, seperti: ukuran pinggang mereka berada dalam lingkar yang sehat (maksimum 89 cm untuk wanita dan 101 cm untuk pria), dan jika mereka tidak memiliki dua atau lebih kondisi berikut: tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Faktor risiko lain, seperti merokok, juga memengaruhi apakah seseorang bisa dianggap sehat.

Menanggapi hal ini, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) mengatakan bahwa orang gemuk yang menganggap tubuh mereka sehat hanya berdasarkan hasil pemeriksaan umum, seperti pemeriksaan kolesterol dan gula darah. Dr Samuel melanjutkan bahwa ada orang obesitas semua (saat pemeriksaan) hasilnya normal, tetapi mereka tidak periksa lebih dalam, seperti mediator inflamasi.

Bagi kamu yang bertubuh gemuk harus tetap menjaga tubuh agar bugar dengan cara mengatur pola makan yang benar, olahraga yang cukup, dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Jika kamu menjaga tubuh dengan baik dan benar, maka tubuhmu akan terbebas dari segala penyakit yang diakibatkan oleh dirimu sendiri. (ded/ded)

Sumber:https://student.cnnindonesia.com/keluarga/20171221121714-436-263965/orang-gemuk-pun-bisa-tetap-sehat

LEAVE A REPLY