MEDAN (Berita): Seiring dengan perkembangan keperawatan di Indonesia dan dunia, Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia menunjukkan dirinya sebagai salah satu perguruan tinggi yang bisa berkompetisi di tingkat global. Hal itu terbukti dengan adanya pertukaran mahasiswa dan dosen dari Boromarajonani College Of Nursing Sanpasttiprasong (BCNSP) Thailand dan College of Health Science Savannakhet (CHSS) Laos di kampus itu Jalan Kapten Muslim Medan.

Mahasiswa dan dosen peserta studi banding itu disambut dengan welcome dinner atau ramah tamah dibarengi dengan makan malam di Ign. Washington Purba Hall, kampus USM Indonesia, Minggu (15/7).

Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba, M.Kes dalam sambutannya menuturkan, pertukaran mahasiswa ini sebagai bentuk kerja sama USM-Indonesia di tingkat Internasional. Tujuannya menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa serta bisa bersaing di tingkat global.

“Saya berterimakasih banyak dimana pertukaran mahasiswa ini terus kita lakukan guna menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama. Kerjasama ini telah kita lakukan sejak 2014 lalu sebagai bentuk bahwa USM-Indonesia bisa berkompetisi di tingkat global,” kata rektor.

Rektor menambahkan tujuan pertukaran mahasiswa ini untuk menambahkan pengalaman belajar bagi mahasiswa keperawatan baik di USM-Indonesia maupun di BCNSP Thailand dan CHSS Laos. Selain itu, sharing (berbagi) dan belajar budaya antara Indonesia, Thailand dan Laos.

Dalam kesempatan itu hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Drs Agustama APT M.Kes yang menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan pertukaran mahasiswa yang dilakukan USM-Indonesia.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Sumatera Utara sangat mengapresiasi kegiatan pertukaran mahasiswa yang dilakukan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Saya  berharap semoga ilmu yang didapat dari pertukaran mahasiswa ini dapat bermanfaat kedepan bagi tenaga kesehatan Indonesia khususnya di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini dilakukan penyerahan mahasiswa dari BCNSP Thailand sebanyak sepuluh orang, sedangkan dari CHSS Laos sebanyak empat orang kepada USM Indonesia. Mereka akan belajar selama dua minggu di kampus USM Indonesia.

Acara welcome dinner menjadi semarak dengan penampilan disuguhkan Direktur BCNSP Thailand, Dr Pattama Phongsiri. Dia menyanyikan lagu berbahasa Thailand dan mengajak Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba untuk ikut menari mengikuti irama lagu yang dinyanyikannya. (aje)

Sumber: https://beritasore.com/2018/07/16/usm-indonesia-terima-pertukaran-mahasiswa-thailand-dan-laos/

LEAVE A REPLY