Pidato Rektor Hari I (Pertama) Wisuda Tahun Akademik 2020/2021

0
14

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH/SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA/ SHALOM, OM SWASTIASTU, NAMO BUDDHAYA/, SALAM KEBAJIKAN.

YANG SAYA HORMATI :

  1. ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA: BAPAK dr. TUAHMAN PURBA, Sp.An., M.Kes
  2. KEPALA LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI (LL DIKTI) WILAYAH I SUMATERA UTARA: PROF. IBNU HAJAR, M.SI
  3. KETUA YAYASAN SARI MUTIARA MEDANDr.PARLINDUNGAN PURBA., SH.,MM,BESERTA SELURUH KELUARGA BESAR YAYASAN SARI MUTIARAMEDAN .
  4. SENAT UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA, PARA WAKIL REKTOR,KETUA LPMI, LPPM, DEKAN DAN KETUA PROGRAM STUDI DAN PARA DOSEN USM-INDONESIA
  5. YANG KITA MULIAKAN :ROHANIAWAN
  6. ORANG TUA/WALI DAN KELUARGA WISUDAWAN
  7. WISUDAWAN YANG SAYA BANGGAKAN

SELAMAT PAGI SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.

PADA HARI YANG BERBAHAGIA INI, KITA PATUT BERSYUKUR KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS BERKAT DAN IZINNYA, KITA MASIH DIBERI KESEHATAN DAN KEKUATAN , UNTUK DAPAT BERTAHAN DIMASA PANDEMI YANG TELAH MELANDA DUNIA SELAMA HAMPIR 2 TAHUN. JIKA TAHUN YANG LALU, PROSES WISUDA DILAKUKAN SECARA DRIVE THRUE, MAKA SESUAI DENGAN KONDISI YANG SEMAKIN KONDUSIF, HARI INI, WISUDA DILAKSANAKAN SECARA TATAP MUKA.  ACARA INI DAPAT TERLAKSANA DENGAN ADANYA KOMITMEN BERSAMA SELURUH SIVITAS AKADEMIKA,TERMASUK PARA WISUDAWAN UNTUK TETAP PATUH MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN.

KITA BERTERIMAKASIH KEPADA PEMERINTAH DAN SELURUH MASYARAKAT INDONESIA, KHUSUSNYA SUMATERA UTARA YANG TETAP SALING BAHU MEMBAHU MENGENDALIKAN DAN MEMUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN VIRUS CORONA INI, HINGGA SEKARANG  KOTA MEDAN BERADA PADA LEVEL 1. KAMI BERHARAP AGAR SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT TIDAK LALAI DAN TETAP MENJAGA POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT, SEHINGGA SITUASI NEGARA KITA DAN DUNIA SEMAKIN BAIK.

BAPAK/IBU SERTA HADIRIN YANG BERBAHAGIA .

PELAKSANAAN WISUDATAHUN AKADEMIK 2020/2021 INI DILAKSANAKANSECARA 2 SESI SELAMA 2 HARIDENGAN JUMLAH LULUSAN SEBANYAK1.096 ORANG.

HARIINI INIAKAN DIWISUDA SEBANYAK 535 ORANG, SESI PAGI SEBANYAK 280 ORANG,LULUSAN FAKULTAS FARMASI DAN ILMU KESEHATAN, FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL, FAKULTAS SAIN, TEKNOLOGI DAN INFORMASI SERTA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

DAN SESI SIANG  AKAN DIWISUDA SEBANYAK255 ORANG LULUSANDARI FAKULTAS FARMASI DAN ILMU KESEHATAN.

SELANJUTNYA HARI KE DUA BESOK, AKAN DIWISUDA SEBANYAK 561 ORANG, TERDIRI DARI 331 ORANG LULUSAN DARI FAKULTAS FARMASI DAN ILMU KESEHATAN AKAN DIWISUDA PADA PAGI HARI, DAN 230 ORANG LULUSAN DARI DIREKTORAT PASCASARJANA SERTA FAKULTAS PENDIDIKAN VOKASI DIWISUDA SORE HARI.

BAPAK/IBU SERTA HADIRIN YANG BERBAHAGIA .

DARI LULUSAN YANG DIWISUDA PADA HARI INI KAMI SAMPAIKAN LULUSAN DENGAN IPK TERTINGGI :

PUKUL 08.00 WIB

FAKULTAS NAMA IPK RPODI
FEIS SUSILAWATI ZEGA 3,92 AKUNTANSI
FENI WATI 3,88 MANAJEMEN
ETRI JAYANTI LASE 3,77 HUKUM
TRIFENA SIMANJUNTAK 3,72 KOMUNIKASI
ANGELUS PENDI DAKHI 3,56 PERPUSTAKAAN
SAINTEK MASARUDIN BAENE 3,97 KIMIA
INTAN PUTRI JELITA 3,72 SISTEM INFORMASI
FIP AGUS SUKESIH 3,94 PGSD
NURITA MARBUN 3,92 PG PAUD
FIKES HERAWATI BARUS 3,70 KEBIDANAN (S1)

 

PUKUL 15.00 WIB

FAKULTAS NAMA IPK PRODI
FIKES DWI UTARI 4,00 NERS
CAHYANING FITRI 3,91 PSIKOLOGI
ANNA ASAL NIAT LASE 3,90 KEPERAWATAN (S1)
CHINTYA APRIYANTI SILITONGA 3,77 KES. MASYARAKAT

 

BAPAK IBU SDR/I  YANG SAYA HORMATI

IJINKAN SAYA MENYAMPAIKAN BEBERAPA INFORMASI PERKEMBANGAN UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA PADA  TAHUN AKADEMIK 2020/2021.

KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA USM-INDONESIA BERTUMBUH DARI SEBUAH SEMANGAT KELUARGA UNTUK MENDIRIKAN LAYANAN PENDIDIKAN. MULAI DARI SPKPADA TAHUN 1982 YANG DIGAGAS DAN DIAWALI OLEH IBUNDA BIDAN S. SITANGGANG BERSAMA AYAHANDA DRS.W.PURBA, AKADEMI-AKADEMI KESEHATAN, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN, SAMPAI PADA TAHUN 2013 DIPERCAYAKAN OLEH PEMERINTAH UNTUK MENYELENGGARAKAN UNIVERSITAS.

VISI USM-INDONESIA YAITU MENJADI UNIVERSITAS YANG UNGGUL, BERKARAKTER DAN BERDAYA SAING GLOBAL TAHUN 2038, MAKA LULUSAN USM-INDONESIA DIHARAPKAN MAMPU MEMILIKI KEUNGGULAN SERTA SIAP BEKERJA MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK DI MASYARAKAT. SELAIN ITU. LULUSAN USM-INDONESIA JUGA MEMILIKI KARAKTER SESUAI CORE VALUESKITA, YAITU SPIRITUALISME, INTELEKTUALISME, PROFESIONALISME, NASIONALISME DAN  GLOBALISME (STRoNG) GLOBALSEBAGAI PENCIRI YANG MEMBEDAKAN DENGAN LULUSAN DARI PT LAINNYA.

SAAT INI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MENYELENGGARAKAN 23PROGRAM STUDI TELAH TERAKREDITASI BAIK OLEH BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI MAUPUN OLEH LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PERGURUAN TINGGI KESEHATAN.

UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA SEBAGAI INSTITUSITELAH TERAKREDITASI BAIK SEKALI (B) OLEH BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI.

  1. UNTUK SUMBER DAYA DOSEN, PENDIDIKAN DOSEN DI USM-INDONESIA ADALAH S2 DAN S3. TAHUN 2020 JUMLAH DOSEN S3 SEBANYAK 21 ORANG, DAN PADA TAHUN 2021 TELAH MENYELESAIKAN STUDISEBANYAK 3SEBANYAK 11 ORANG AKAN MENYELESAIKAN KULIAH S3PADA TAHUN DEPAN, SEHINGGA AKAN MENAMBAH JUMLAH DOSEN BERPENDIDIKAN DIHARAPKAN TAHUNDEPAN  USM-INDONESIA AKAN MEMILIKI 35 ORANG.
  2. DALAM BIDANG PENDIDIKAN, USM INDONESIAMENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM). TAHUN 2021 TERDAPAT SEBANYAK 151 MAHASISWA YANG TERLIBAT KEGIATAN IMPLEMENTASI MBKM, BAIK DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR,  STUDI INDEPENDEN DI MITRA-MITRA BERSKALA NASIONAL, KEGIATAN INDONESIA BANGKIT, MAGANG BERSERTIFIKAT  DI PERUSAHAAN BUMN DAN PROGRAM PEJUANG MUDA.
  3. DALAM RANGKA MENGAKSELERASI PELAKSANAAN MBKM, USM-INDONESIA JUGA SEDANG SEDANG MEMPERSIAPKAN DIRI MENJADI CENTER OF EXCELLENCEYANG DIDUKUNG OLEH KEMDIKBUD RISTEK YANG DIINISIASI OLEH PROGRAM STUDI ILMU MANAJEMEN DAN DIHARAPKAN AKAN DI TERAPKAN DISELURUH PROGRAM STUDI YANG ADA DI USM-INDONESIA.
  4. SELAIN MAHASISWA, TERDAPAT 42 ORANG DOSENUSM-INDONESIA TURUT TERLIBAT DALAM PROGRAM MBKM,YAITU SEBAGAI DOSEN PENDAMPING LAPANGAN, DOSEN PENDAMPING SMK, MENTOR SEKOLAH EKSPOR, DAN MAGANG DI INDUSTRI.
  5. DALAM BIDANG KEMAHASISWAAN, USM-INDONESIA MEMBERI KESEMPATAN SELUAS LUASNYA KEPADA PARA MAHASISWA UNTUK DAPAT MENGEMBANGKAN POTENSI, MINAT DAN BAKATNYA. PRESTASI KEMAHASIWAAN PADA TAHUN INI ADALAH:
  • MERAIH HIBAH TRACER STUDY DARI KEMDIKBUD RISTEK TAHUN 2021
  • JUARA 2 NASIONAL MIDWIFERY AWARD PADA KEGIATAN MIDWIFERY COMPETITION TANGGAL 5 JUNI 2021.
  • PERAIH MEDALI PERUNGGU SELEKDA PON DI DELI SERDANG TANGGAL 5 SEPTEMBER 2021 UNTUK CABANG OLAH RAGA JUJITSU (A/N ATILA PUTRI PRATAMA SARAGIH PRODI AKUNTANSI).
  • JUARA II OPEN TOURNAMENT GATEBALL KAPUSBEKANG AD CUP TANGGAL 4-8 NOVEMBER 2021 DI JAKARTA (A/N ANDRE LUBIS, MARIANUS DAN HISKIA).
  • JUARA 1 DOUBLE MIX PADA TOURNAMENT GATEBALL PIALA PERGATSI SUMATERA BARAT TANGGAL 5-7 NOVEMBER 2021 (A/N DESTI MENDROFA PRODI AKUNTANSI).

DENGAN KETERBATASAN RUANG GERAK DAN WAKTU, RASA SYUKUR YANG TERHINGGA KITA PANJATKAN, UNIVERSITAS SARI MUTIARA BESERTA SIVITAS AKADEMIKA MASIH MAMPU MENGUKIR PRESTASI, MERAIH PELUANG DAN KESEMPATAN UNTUK TETAP BERJALAN SESUAI RENCANA STRATEGI YANG DITETAPKAN.

BAPAK IBU HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

PADA KESEMPATAN INI IZINKAN SAYA MENGUCAPKAN:

  1. TERIMAKASIH KEPADA ORANG TUA-WALI DAN KELUARGA WISUDAWAN YANG SUDAH MEMBERIKAN KEPERCAYAAN UNTUK MENDIDIK ANAK DAN KELUARGA BAPAK – IBU DI KAMPUS INI
  2. TERIMAKASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI KAMI SAMPAIKAN KEPADA BAPAK KEPALA LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI (LL DIKTI) WILAYAH SUMATERA UTARA, PROF. IBNU HAJAR, M.SIYANG SELALU  MEMBINA, MEMBERIKAN  MOTIVASI  UNTUK MAJU DAN BERKEMBANG SEBAGAI PERGURUAN TINGGI YANG BERMUTU.
  3. TERIMAKASIH KEPADA ANGGOTA DPRD SUMATERA UTARA, ABANGNDA dr. TUAHMAN FRANCISCUS PURBA, Sp. An., MKes. YANG SELALU MEMBERI PERHATIAN DAN MEMBERI KESEMPATAN KEPADA KAMPUS KITA UNTUK DAPAT BERPERAN DAN BERKONTRIBUSI DALAM BERBAGAI KEGIATAN DI MASYARAKAT DAN PEMERINTAH. KEBERADAAN SERTA DORONGAN ABANG SEMAKIN MEMBUAT KAMI SEMANGAT DAN BANGGA. KAMI DOAKAN ABANG SUKSES, SEHAT SELALU DALAM MENJALANKAN AMANAH SEBAGAI WAKIL RAKYAT SUMATERA UTARA.
  4. TAK LUPA KAMI SAMPAIKAN APRESIASI KEPADA PARAMITRA, ASOSIASI INSTITUSI, PROFESI, INDUSTRI, RS BAIK INSTANSI PEMERINTAH MAUPUN SWASTA, ATAS KERJASAMA YANG BAIK DAN PRODUKTIF TERUTAMA DALAM PELAKSANAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI.
  5. AKHIRNYA TERIMAKASIH DAN HORMAT KAMI SAMPAIKAN KEPADA KETUA YAYASAN SARI MUTIARA BESERTA PENGURUS YANG TELAH MEMBERI KEPERCAYAAN KEPADA KAMI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MENYELENGGARAKAN UNIVERSITAS INI SESUAI DENGAN VISI YANG TELAH DITETAPKAN.

BAPAK, IBU, PARA WISUDAWAN  YANG BERBAHAGIA.

PADA KESEMPATAN INI SAYA ATAS NAMA PRIBADI DAN SIVITAS AKADEMIKA, MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA SEMUA LULUSAN YANG DIWISUDA PADA HARI INI. SEMOGA APA YANG SAUDARA PELAJARI, PEROLEH, DAN ALAMI SELAMA MASA PERKULIAHAN DI KAMPUS KITA TERCINTA INI DAPAT MENJADIKAN SAUDARA SEBAGAI PRIBADI YANGADAPTIF, INOVATIF, DAN KREATIF. TETAPLAH BERSYUKUR, MENGHORMATI ORANG TUA, JUJUR, BERDISIPLIN, CINTA ALMAMATER, BANGSA, DAN NEGARA KITA.

TERIMAKASIH ATAS KEPATUHAN, KETEKUNAN DAN SIKAP RASA MEMILIKI YANG TINGGI SELAMA INI, SEHINGGAATMOSFIR AKADEMIK YANG DINAMISDAN BERTANGGUNG JAWAB DI KAMPUS KITA TETAP TERJAGA. KAMPUS TETAP BERADA DALAM KEADAAN KONDUSIF, BERSIH, SEGAR, DAN NYAMAN TANPA ASAP ROKOK APALAGI NARKOBA,PROSES PEMBELAJARAN DAPAT DILAKSANAKAN SECARA BAIK YANG AKHIRNYA AKAN MENGHASILKAN  LULUSAN YANG CERDAS BERKARAKTER.

UCAPAN TERIMAKASIH  KAMI SAMPAIKAN KEPADA PARA DEKAN, DOSEN, DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ATAS PENGABDIAN DAN KETULUSAN HATI SELAMA MEMBIMBING PARA WISUDAWAN YANG AKAN KITA LEPAS HARI INI.

JUGA KEPADA PANITIA DAN SEMUA PIHAK YANG TELAH MEMBANTU TERSELENGGARANYA WISUDA PADA HARI INI, KAMI SAMPAIKAN TERIMAKASIH.  SEMOGA KEBAIKAN BAPAK, IBU, SDR/I DIBALAS OLEH TUHAN YANG MAHA ESA.

DEMIKIANLAH YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN, SEMOGA TUHAN MEMBERKATI KITA. TERIMAKASIH.

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, OM SHANTI SHANTISHANTI OM

 

REKTOR,

DR.IVAN ELISABETH PURBA, M. KES

LEAVE A REPLY