Pramuka Jadi Pelopor Hidup Sehat

0
316

Anggota Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhakti Husada di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, menggelar bakti sosial di Dusun Tlagalele, Desa Slatri, Karangkobar, baru-baru ini. (UGC CNN Student/Rakhmat Nur Ilmi)

Banjarnegara, CNN Indonesia — Anggota Pramuka diharapkan menjadi pelopor dan agen terdepan dalam penanaman perilaku hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat. Karena itulah, anggota Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhakti Husada di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, menggelar bakti sosial di Dusun Tlagalele, Desa Slatri, Karangkobar, baru-baru ini.

Anggota Pramuka yang berpangkalan di Puskesmas Karangkobar itu bergotong royong membangun 14 jamban sehat di rumah warga, sosialisasi pemilahan sampah organik dan nonorganik, penyuluhan kesehatan, serta pendataan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).  Sebanyak 50 anggota Pramuka, perangkat desa, maupun andalan dari Kwarcab Banjarnegara, mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu.

“Lewat kegiatan bakti sosial tersebut diharapkan mampu menjadi motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Pamong Saka Bhakti Husada pangkalan Puskesmas Karangkobar Yon Setiawan.

Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengapresiasi kegiatan dan aktivitas yang dilakukan oleh Saka Bhakti Husada Karangkobar tersebut dan berharap dapat menjadi pelopor atau contoh bagi pangkalan lain untuk ikut peduli dan bergerak bersama menangani berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan.

“Peran serta dan aksi nyata anggota pramuka memang sangat diperlukan di berbagai bidang untuk membatu program pemerintah mengatasi berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Selain itu, pola pembinaan yang berkelanjutan dan berkesinambungan kepada anggota atau peserta didik juga harus selalu berjalan dengan baik sehingga dapat muncul idea tau implementasi kegiatan yang menarik, positif serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. (ded/ded)

Sumber:https://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20171030112247-454-252096/pramuka-jadi-pelopor-hidup-sehat/

LEAVE A REPLY