Seminar Nasional Ilmu Pendidikan

0
55
Dari kiri ke kanan:  Dr. Desyandri, M.Pd (Ketua Himpunan Dosen PGSD Wilayah II, 
Prof. Dian Amanto, M.Pd, M.A, M.Sc, Ph.D (Kepala LLDIKTI Wilayah I), 
Dr. Taufina, M.Pd, Dra. Panni Ance Lumbantobing, M.Psi (Dekan FIP), 
Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd

Fakultas Ilmu Pendidikan USM-Indonesia Selenggarakan Seminar  Nasional  Dengan Tema “Inovasi Pembelajaran Dalam Menyikapi Revolusi Industri 4.0”

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia melaksanakan seminar nasional pada hari Sabtu 16 November 2019 di Ign.Washington Purba Hall dengan tema “Inovasi Pembelajaran Dalam Menyikapi Revolusi Industri 4.0”. Seminar ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan mahasiswa  sebagai calon pendidik Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar dan kesadaran akan pentingnya “Inovasi Pembelajaran di era Abad 21’’.

Kegiatan seminar dilaksanakan bekerja sama dengan Himpunan Dosen PGSD (HD PGSD) Indonesia Wilayah II yang sehari sebelumnya telah melaksanakan rapat kerja pada hari Jumat, 15 November 2019. Acara seminar nasional dibuka oleh Ibu Asima Sirait S.Pd., M.Kes (Wakil rektor Bidang Akademik), yang didamping oleh Ibu Dra. Panni Ance, M.Psi (Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia), turut hadir  Ketua HDPGSD Bapak Dr. Desyandi., M.Pd yang juga menyampaikan sambutan serta harapannya agar menjadi pendidik yang professional dan berkualitas sesuai dengan perkembangan teknologi revolusi industri 4.0. Peserta seminar yang merupakan dosen dan mahasiswa PGSD dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Sumatera yang berjumlah  420 orang mengikuti seluruh rangkaian seminar dengan penuh antusias.

Kegiatan seminar nasional ini juga di dukung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah I Bapak Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D sekaligus juga sebagai narasumber yang menyampaikan materi ”Evaluasi Pembelajaran Abad 21” bersama dua orang pembicara lainnya, yakni Bapak Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd dengan materi  “Inovasi Pembelajaran Dalam Menyikapi IR 4.0 dan Keterampilan Abad 21”, serta Ibu Dr. Taufina, M.Pd dengan materi “Pembelajaran Tematik Di Era Globalisasi untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 di Sekolah Dasar”.

Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D menekankan bahwa pada Abad 21 ini evaluasi yang dilaksanakan guru sebagai pendidik harus bersifat HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau kemampuan berfikir tingkat tinggi sehingga peserta didik terbiasa memecahkan masalah dengan kreatif dan inovatif. Dalam menyusun penilaian hasil belajar, pendidik harus mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi, dan memperbaiki proses pembelajaran dari peserta didiknya.

Dengan pelaksanaan seminar ini diharapkan dapat menciptakan guru-guru yang professional, hebat, berkualitas, kreatif dan inovatif dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0.

LEAVE A REPLY