Jakarta,¬†CNN Indonesia¬†— Kalian pasti tahu buah mangga kan? Buah oranye manis yang biasanya hanya mudah ditemui saat musim mangga saja sekarang sudah menjadi buah hits sepanjang waktu dan tidak diragukan lagi kepopulerannya.

Kalau dulu nama mangga identik dengan buah saja, kini mangga sudah merajalela loh. Saat ini, masyarakat semakin mempunyai banyak pilihan makanan pencuci mulut (dessert), baik dari dalam negeri ataupun luar negeri, murah sampai ke mahal, dan alami maupun buatan.

Seperti biasanya, makanan baru atau hits gampang sekali terdeteksi. Ya, antrean panjang serta update atau foto-foto menarik yang di-upload orang-orang ke media sosial sangat membuat banyak orang penasaran. Belakangan ini ada pilihan dessert baru lagi bagi para penggemar makanan pencuci mulut (dessert) yaitu dessert mangga.

Antrean Panjang Baru
Setelah era minuman bubble dan thai tea, muncul tren baru yang sangat booming di kalangan masyarakat Indonesia. Siapa yang tidak tau dessert mangga yang untuk membelinya saja harus rela antre panjang berjam-jam? Segelas jus mangga yang disajikan dengan sorbet mangga, whipped cream dan potongan mangga di atasnya berhasil menyita perhatian publik.

Selain karena kemasannya yang menarik (yang pastinya instragramable banget buat anak-anak muda update di story Instagram) dessert yang berasal dari Negara Gajah Putih atau Thailand ini terbuat dari bahan dasar mangga, yang pastinya sangat disukai banyak orang. Dessert mangga ini dapat ditemui di berbagai mall di Indonesia dengan berbagai merek, dan harganya berkisaran dari Rp20-50 ribu.

Tapi, apakah rasa dessert yang fenomenal seenak itu? Banyak orang membeli hanya karna penasaran ingin mencoba kenapa dessert ini sangat booming (Gaya Hidup) atau memang penyuka mangga. Sebenarnya rasanya memang mangga banget, tidak ada yang istimewa karena semua bahannya berasal dari mangga.

Mangga, buah hijau yang memiliki daging buah tebal memang banyak membawa keuntungan berbisnis bagi pemasar karena mangga merupakan buah yang universal, dan disukai oleh banyak orang. Banyak produk makanan yang terbuat dari mangga. Dari minuman, makanan sampai entah itu susu mangga, mango sticky rice, mango cheese cake dan sebagainya.

Karena meningkatnya gaya hidup jaman sekarang, berbagai pengaruh muncul dalam masyarakat yang mempengaruhi cara berpikir sampai ke cara berperilaku dalam sehari-hari termasuk makanan. Jelas sekali, gaya hidup dalam masyarakat mengubah sikap konsumen.

Hal ini pun merupakan tugas atau kesempatan bagi para pemasar untuk berinovasi lebih lagi dalam memenuhi juga memahami konsumen yang terus mengikuti tren, dan berubah sesuai perkembangan zaman. Termasuk berinovasi berbisnis dengan mangga karena selain enak dan banyak di gemari, mangga juga merupakan buah tropis yang mudah dicari, diolah dan terjangkau harganya. Buah mangga sangat cocok dinikmati di Indonesia. Selain dijadikan dessert, mangga tidak kalah enak jika dimakan langsung loh. Mangga memiliki buah yang lunak sehingga dapat dipotong menjadi berbagai bentuk seperti kotak kubus, dibelah ataupun diiris.

Mangga Alpukat Hits
Selain dessert mangga, baru-baru ini ada jenis buah mangga yang juga tidak kalah tren karena cara memakannya yang unik. Mangga alpukat, jenis mangga yang bentuknya menyerupai alpukat dengan ukuran yang lebih besar dari mangga biasa juga lebih lunak. Mangga alpukat berasal dari Pasuruan, Jawa Timur.

Tak seperti mangga lain yang dikupas kulitnya, mangga alpukat dibelah dari tengah seperti alpukat dan dapat disantap langsung dengan dikerok menggunakan sendok. Tampilan dalamnya pun mirip alpukat dengan biji yang tidak menempel pada daging buahnya. Walau rasanya sama dengan mangga biasa, tapi mangga alpukat lebih menarik bukan?

Buah mangga memang sudah ada sejak zaman dulu namun baru populer pada zaman sekarang karena inovasi dan zaman yang semakin kreatif. Dari anak-anak muda sampai ke generasi tua tidak bisa menolak kenikmatan mangga. Tidak heran jika mangga terkenal di dunia.

Mangga bagi kesehatan dan kecantikan
Bukan hanya karena rasanya yang enak, tetapi mangga membawa banyak sekali keuntungan. Selain mangga menghasilkan kesempatan bagi para pembisnis untuk berinovasi, buah mangga juga kaya akan vitamin C, karoten, serat, vitamin E, mineral, kalsium, karbohidrat, kalium, niacin, folat, vitamin A, enzim, asam glutamin, quercetin, astragalin, isoquercitrin, fisetin, asam galat, serta methylgallat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan.

Mangga juga sangat cocok untuk penderita diabetes dan orang-orang yang ingin diet karena memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga mengkonsumsi mangga dalam jumlah yang banyak tidak akan meningkatkan kadar gula melainkan dapat menjadi sumber gula yang alami bagi tubuh.

Banyak mengkonsumsi mangga dapat mengurangi kecanduan terhadap makanan manis seperti permen, biskuit dan juga makanan manis lainnya yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Buah mangga juga sangat ampuh untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit, dengan rajin mengonsumsi mangga dapat mengatasi konstipasi kronis dan melembabkan kulit.

Selain itu, buah mangga mampu menurunkan produksi endotoksin dari bakteri, penurunan inflamasi, dan meningkatkan konsentrasi asam lemak yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus. Walau harganya murah, buah mangga mempunyai manfaat besar untuk mencegah penyakit asma, kanker dan jantung loh. (ded/ded)

Sumber:https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20180103101205-445-266258/serba-serbi-mangga-dari-potensi-bisnis-sampai-nutrisi

 

LEAVE A REPLY