Mahasiswa Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Lagi, Mahasiswa Magister IKM USM-Indonesia Studi Banding

Ke Kantor BPJS Kesehatan Sumatera Utara-Aceh dan LPP Kelas IIA Medan

Setelah melakukan Studi Banding ke Balitbangkes Kemenkes RI, mahasiswa dan dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Sari Mutiara Indonesia kembali melakukan studi banding ke kantor BPJS Kesehatan Sumatera Utara-Aceh dan penyuluhan ke LPP Kelas IIA Medan. Kegiatan ini dilakukan untuk semakin meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa serta bentuk pengabdian civitas USM-Indonesia kepada masyarakat. Kegiatan tersebut diikuti para dosen dan mahasiswa Peminatan Kebijakan Kesehatan (AKK), Jumat, (9/3/2018).

Dalam kesempatan tersebut, pihak kantor BPJS Kesehatan Sumatera Utara-Aceh menyambut baik kedatangan mahasiswa USM-Indonesia, dan melakukan diskusi serta tanya jawab perihal perubahan kebijakan BPJS kesehatan. Selain itu, dibahas program dan strategi BPJS Kesehatan mencapai Universal Health Coverage 2019, tantangan dan kesulitan yang dihadapi BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan tugas, dan fungsinya. Diakhir kegiatan, para mahasiswa IKM USM-Indonesia juga diajak berkunjung ke Klinik Citra Medika guna melihat secara langsung sistem pelaksanaan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat.

Sementara dalam kunjungan ke LPP Klas IIA Medan (15/3/2018), para mahasiswa Peminatan Kesehatan Reproduksi IKM USM-Indonesia mengadakan penyuluhan kesehatan bagi warga binaan lembaga pemasyarakatan tentang Personal Hygiene pada wanita, dan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri, Kanker Serviks, dan HIV-AIDS). Selain itu, mahasiswa juga melakukan pemeriksaan gula darah, tensi dan kolestrol secara gratis.

Mahasiswa turut mewawancarai dan berinteraksi langsung pada warga binaan terkait masalah kesehatan reproduksi. Selanjutnya, membuat pokok masalah serta mencari solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang ditemukan.

Kegiatan ini ke depan akan tetap dilaksanakan dengan bentuk aktivitas yang bervariasi serta ditingkatkan dengan harapan adanya MOU antara Pihak Universitas dan LPP Klas II A Medan serta BPJS Kesehatan Sumatra Utara-Aceh. Sehingga USM-Indonesia dapat melakukan kegiatan seperti pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. *(Zega/Karmel)

LEAVE A REPLY