Ulang Tahun Mahatma Gandhi Ke 150

0
33

LAPORAN PERAYAAN ULANG TAHUN MAHATMA GANDHI KE 150 DAN HARI ANTI KEKERASAN INTERNASIONAL

Pada tanggal 2 Oktober 2019 telah dilaksanakan Perayaan Ulang Tahun Mahatma Gandhi ke-150 di Ign. Washington Purba Hall, Universitas Sari Mutiara Indonesia. Sebagai rangkaian kegiatan perayaan, turut diresmikan patung dan pameran foto Mahatma Gandhi di kampus Universitas Sari Mutiara Indonesia oleh Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste. Acara tersebut terselenggara atas kerja sama antara Universitas Sari Mutiara Indonesia dan Konsulat Jenderal India di Medan. 

 

Pada acara tersebut, hadir konsul-konsul jenderal dan konsul kehormatan dari beberapa negara sahabat, di antaranya Cina, Jepang, Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, Malta, dan Polandia, serta beberapa tamu undangan Konsulat Jenderal India lainnya. Selain dari pada itu, hadir pula Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 1 Sumatera Utara, Bapak Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D, serta seluruh civitas akademika.

Rangkaian acara perayaan diawali dengan peresmian patung Mahatma Gandhi di Universitas Sari Mutiara Indonesia oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Bapak Pradeep Kumar Rawat dan Ketua Yayasan Sari Mutiara Medan, Bapak Parlindungan Purba, S.H., M.M., yang disaksikan oleh Konsul Jenderal India di Medan, Bapak Raghu Gururaj dan Rektor Universitas Sari Mutiara Indonesia, Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pameran foto-foto kehidupan Mahatma Gandhi mulai dari kecil. Beberapa karya desain poster mahasiswa USM-Indonesia juga ditampilkan pada pameran foto tersebut. Acara puncak perayaan ulang tahun Mahatma Gandhi tersebut ditandai dengan sambutan-sambutan, penampilan tarian mahasiswa, pemutaran film dokumenter yang berkisah tentang kehidupan Mahatma Gandhi, dan ditutup dengan pertukaran cenderamata. 

Acara tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa dari seluruh tamu undangan karena menandai hubungan persahabatan dan kesepahaman dalam hal menciptakan perdamaian dunia. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada semua pihak, terutama civitas akademika dan perguruan tinggi untuk mampu mengamalkan nilai-nilai perdamaian, cita luhur, visi, nasionalisme, dan cinta kasih yang ditanamkan oleh Mahatma Gandhi, sehingga perguruan tinggi mampu menjadi agen perdamaian pada masa sekarang ini.

http://harian.analisadaily.com/mobile/kota/news/usmi-rayakan-hari-lahir-mahatma-gandhi/803051/2019/10/03

Patung Mahatma Gandhi di USM Indonesia jadi Inspirasi Civitas Akademika

Hari Lahir ke-150 Mahatma Gandhi Dirayakan di Medan

http://www.globalplanet.news/berita/20484/konjen-india-rayakan-hari-lahir-mahatma-gandhi-di-usmi 

 

LEAVE A REPLY