Perusahaan yang mengucurkan dana ke Gojek itu disebutkan mencetak valuasi US$500 miliar yang membuatnya sekelas dengan perusahaan digital lain seperti Google dan Facebook (dok. REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Jakarta, CNN Indonesia — Valuasi perusahaan teknologi asal Cina, Tencent, kini mencapai sebesar US$510 miliar atau senilai Rp6,9 triliun. Dengan valuasi lebih dari setengah triliun dollar AS ini, membuat perusahaan yang berinvestasi ke Gojek itu, sejajar dengan perusahaan teknologi dunia lain.

Tercatat perusahaan seperti Facebook, Alphabet (perusahaan induk Google), Apple, Microsoft, dan Amazon, adalah perusahaan dunia yang masuk di jajaran perusahaan digital dengan valuasi diatas setengah triliun dollar.

Berita mengenai valuasi Tencent yang mencapai setengah triliun dollar AS itu diumumkan setelah penutupan bursa di Hong Kong, Senin (20/11) lalu, demikian diberitakan Techspot.

Tencent juga tercatat membukukan keuntungan sekitar US$2,7 miliar (sekitar Rp3,6 triliun) dengan pendapatan US$ 9,8 miliar (sekitar Rp132,5 triliun) pada kuartal tiga (Q3) 2017.

Pendapatan Tencent naik 61 persen dengan membukukan keuntungan total tahun ke tahun pun yang juga naik 69 persen, seperti disebutkan TechCrunch.

Sementara itu nilai perusaahaan yang barsaing ketat dengan Tencent, Alibaba, menutup bursa di angka US$474 miliar.

Saham Tencent terus menanjak sejak pertama dilempar ke publik pada 2004 dengan harga US$0,47 atau sekitar Rp6.300 per lot pada saat itu. Pada Maret 2014, nilai Tencent telah melampaui Intel dengan nilai US$150 milyar.

Pertumbuhan bisnis Tencent salah satunya ditopang oleh layanan pesan instan WeChat dengan jumlah pengguna yang menyentuh angka satu miliar.

Penyumbang profit lainnya adalah dari lini game, salah satunya Honor of Kings, serta saham dari Clash of Clans dan League of Legends yang diperoleh dari hasil akuisisi Supercell dan Riot Games.

Strategi Tencent untuk menembus pasar global juga kian agresif dengan membeli saham Tesla, Snap, aplikasi obrolan Hike, situs kesehatan Practo, dan kompetitor Uber, Ola. Investasi Tencent juga tersebar di Asia, mulai dari India hingga Asia Tenggara. (sat)

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171121180715-185-257151/valuasi-investor-gojek-kini-sekelas-facebook-dan-google/

LEAVE A REPLY