Webinar Career Preparation

0
114

Universitas SariMutiara Indonesia Bekali Calon Alumni Career Preparation
Medan-14 Agustus 2021 Wakil Rektor III bapak Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep membuka webinar ini dengan harapan kedepan ini mahasiswa tingkat akhir dapat membekali diri sebelum masuk kedunia pekerjaan. Jeremy M B Ginting, M.Psi sebagai narasumber tunggal pada webinar ini memaparkan, “Ada hal yang lebih penting sebelum masuk ke CV dan Surat Lamaran yaitu Personal branding atau pengenalan diri yang mau kita bentuk. Saat berada di Strata Keilmuan tentu memasuki ketahap baru yaitu mencari kerja. Ada hal hal yang harus kita sesuaikan untuk memenuhi posisi atau get seorang pekerja. apa itu?

Scale Up Your Personal Branding, ini adalah macro yang artinya bagaimana kita naik kelas,mempersentasikan diri dihadapan para pencari kerja baik menulis,berkomunikasi dan berinteraksi.
Kemudian CV yang benar itu seperti apa?
1.Kita mencantumkan reward atau penghargaan yang kita dapatkan sesuai dengan posisi yang kita lamar. Kalau tidak bersinggungan maka tidak perlu kita cantumkan, Hal ini menunjukan agar terlihat relevan,
2 Harus menarik namun tidak berlebihan, hati hati dengan typo karna hal ini sangat fatal. Pastikan kesalahan Eja,
3 Menggunakan bahasa baku,sopan dan bahasa yang baik dan benar,
4.Memperhatikan hal yang seharusnya dicantumkan, artinya yang penting seperti nomor telfon. Hal ini untuk menjaga saat kita dipanggil”. Ujar beliau.

Lanjut paparannya, dalam pengerjaan cv berikutnya ada yang dinamakan Personal Identity dimana kita harus menyertakan nama dan foto kemudian menyantumkan nomor whatsapp,email yang aktif dan alamat domisili, hall ini mempermudah team recrutmen untuk memanggil atau menghubungi kita. Kemudian memperhatikan posisi yang dilamar sesuai kebutuhan, saat bekerja cantumkan jabatan anda terlebih dahulu agar lebih berkelas, cantumkan tahun masuk dan keluar dari perusahaan sebelumnya.
Kemudian hal yang harus diperhatikan sebelum interview menguasai sedikit bagian luar perusahaan yang kita lamar, misalnya bergerak dibidang apa,produk yang dihasilkan seperti apa dan bagaimana sejarah singkatnya.
Saat interview juga harus terlihat dewasa, artinya kalau grogi menatap mata yang interview kita cobalah menantap ketengah posisi diatas mata,tangan boleh diletakan sopan diatas meja mengurangi rasa grogi saat berinteraksi “ujar beliau”

Webinar ini berjalan dengan baik dan lancar, webinar ini sangat interaktif dan asik, banyak ilmu yang ingin digali dari narasumber. Webinar ini juga dihadiri oleh Ketua Lembaga, Dekan, Kaprodi, Dosen dan seluruh peserta mahasiswa akhir.
Semoga webinar ini memberikan manfaat ke pada kita semua khususnya mahasiswa akhir yang akan terjun kedunia pekerjaan, “tutup moderator Dewi R Bancin S.ST. M.M”

LEAVE A REPLY