Kaya akan polifenol dan katekin yang membantu cegah kerusakan DNA dan beberapa tipe kanker, teh hitam juga mengusung lima manfaat kesehatan lainnya. (Foto: dhester/morgueFile)

Jakarta, CNN Indonesia — Di beberapa negara, teh selalu jadi minuman yang tersaji dalam berbagai situasi. Orang Tiongkok biasa menambah pemanis, rempah, coklat bahkan tanaman langka saat mengolah teh. Di India, susu dan gula biasa menjadi bahan tambahan saat minum teh. Teh hangat juga kerap dijadikan minuman rujukan saat tubuh terasa kurang fit.

Selama ini orang mengenal tiga jenis teh, yakni teh hijau, teh hitam dan teh putih. Teh hijau kerap dikonsumsi karena terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, rupanya teh hitam juga punya beragam khasiat.

Melansir dari Organics Facts, teh hitam kaya akan polifenol dan katekin yang membantu mencegah kerusakan DNA dan beberapa tipe kanker. Selain itu, ada lima manfaat teh hitam bagi kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Konsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu perbaikan gangguan fungsi arteri koroner pada pasien penyakit jantung. Menurut Boston’s School of Medicine, teh hitam mengembalikan fungsi pembuluh darah yang abnormal. Terganggunya fungsi aliran darah dapat menyebabkan stroke dan gangguan fungsi kardiovaskular lain. Teh hitam mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mengobati diare

Saat diare, orang kadang merujuk pada pemberian oralit. Namun, oralit hanya berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Minum teh hitam dapat memberikan efek positif pada pencernaan. Teh hitam mengandung tanin yang bersifat antibakteri. Bagi penderita diare, sebaiknya minum teh hitam tanpa tambahan pemanis untuk manfaat maksimal.

3. Meringankan asma

Umumnya, minuman panas diketahui meringankan kondisi mereka yang sakit asmanya kambuh. Hal ini pun juga berlaku untuk teh hitam. Menikmati secangkir teh hitam panas dapat membantu melebarkan jalan nafas sehingga pasien asma dapat bernapas lebih leluasa.

4. Mengurangi kadar kolesterol

Menurut studi yang diarahkan oleh American Heart Association di New Orleans, konsumsi teh hitam bisa menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung fatal. Studi ini juga menemukan, mereka yang minum 3-4 cangkir teh hitam setiap hari punya risiko masalah jantung lebih rendah daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

5. Mencegah kanker payudara

Minum teh baik teh hitam maupun teh hijau membantu wanita mencegah pertumbuhan kanker pada payudara, terutama pada wanita yang telah memasuki fase menopause. Teh juga menaikkan kadar globulin pada hormon saat periode menstruasi. Kandungan theaflavins pada teh hitam menghancurkan sel abnormal pada tubuh. (rah)

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180115200828-255-269105/5-manfaat-teh-hitam-untuk-kesehatan

LEAVE A REPLY