Blog

Isu Vaksin Covid-19 Isi Chip, Erick Thohir hingga Bill Gates

0
Isu vaksin disusupi chip kembali beredar, mencatut nama Erick Thohir hingga 
Bill Gates (CNN Indonesia/Bisma Septalismaaa)
CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 10:05 WIB
Jakarta, CNN Indonesia –Jagat dunia maya kembali digegerkan dengan adanya isu chip yang dipasang pada vaksin Covid-19, kali ini mencatut nama Erick Thohir setelah sebelumnya erat dikaitkan dengan Bill Gates.

Meski sudah berkali-kali dibantah, namun sepertinya isu chip dalam vaksin sepertinya jadi salah satu hal yang selalu kembali muncul di media sosial.

Pada Selasa (19/1), beredar video di Twitter yang mengambil cuplikan wawancara Menteri BUMN, Erick Thohir di program Mata Najwa (13/1).

Dalam video itu ia menjelaskan fungsi barcode pada vaksin Covid-19 Sinovac yang rencananya akan disuntikan kepada masyarakat Indonesia.

Dalam unggahan video yang telah diputar lebih dari 30 ribu kali itu berisi beberapa potongan video, salah satunya menampilkan keterangan dari Erick Thohir terkait fungsi barcode.

Pada video berdurasi 2.04 menit itu, Erick menjelaskan fungsi barcode pada vaksin hanyalah penunjang sistem yang berisi data penerima vaksin.

“Kita bicara kepada sebuah sistem yang harus bisa meminimal risiko, apalagi ini menyangkut seluruh warga. Jadi nanti Rafi sehabis disuntik itu (datanya) masuk ke barcode,” ucapnya pada program Mata Najwa (13/1).

Video ini lantas dilanjutkan dengan video wawancara lain yang seolah-olah menyebut kalau para pembuat vaksin memang menyisipkan chip dalam.

Pada unggahan video berdurasi 2.04 menit di Twitter itu mengundang riuh komentar netizen, yang mengkhawatirkan dampak penggunaan vaksin setelah didistribusikan kepada masyarakat.

Ia mengatakan program vaksin ini diduga sama dengan program Bill Gates yang isinya dapat tersambung dengan negara asal produsen vaksin Sinovac.

“Gawat kyai…kalo vaksin modelnya sama dg program ambisius gates, dlm darah WNI ada chip yg tersambung dengan negara asal produsen dong,” cuit akun @prawirasubarjah (19/1).

Namun, isu ini lantas dibantah Menteri BUMN Erick Thohir. Ia menjamin vaksin Sinovac yang digunakan oleh pemerintah untuk mengatasi covid-19 di dalam negeri tidak berisi chip. Vaksin hanya mengandung virus yang telah dimatikan (inactivated).

“Ada isinya dan engga ada chip. Engga ada kan?” ucap Erick dikutip dari rilis, Selasa (19/1).

Sebelumnya, isu chip dalam vaksin juga ramai dikaitkan dengan Bill Gates. Bill Gates dituding menyisipkan microchip pada vaksin Covid-19.

Teori konspirasi microchip ini muncul pertama kali pada Maret 2020 saat Gates mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa butuh sertifikat digital untuk diberikan kepada seseorang atau suatu organisasi yang menciptakan vaksin virus corona baru.

Kemudian beredar artikel yang berjudul ‘Bill Gates will use microchip implants to fight coronavirus‘ atau ‘Bill Gates akan menggunakan implan chip mikro untuk melawan virus corona’.

Artikel itu merujuk pada penelitian yang didanai Gates Foundation terkait teknologi yang dapat menyimpan catatan vaksin seseorang. Namun teknologi tersebut tidak berbentuk seperti microchip dan tidak difungsikan untuk melacak pergerakan seseorang dan mengambil informasi pribadi mereka. Mikrochip ini ditugaskan untuk memantau pergerakan warga yang mendapat vaksin itu.

Sebagian orang lantas menuding vaksin Covid-19 yang ia danai disusupi mikrochip. Bahkan Kepala Partai Komunis Rusia secara tidak langsung sempat menuding bahwa akan ada implantasi cip massal terselubung dengan dalih vaksinasi virus corona baru, yang saat ini gencar digalakkan Bill Gates.

Bill Gates lewat Melinda & Gates Foundation memang banyak menyumbang dana untuk pengembangan vaksin Covid-19. Sejauh ini Gates menambahkan dana sekitar US$1,6 miliar. Sementara total dana yang telah diinvestasikan sekitar US$5,7 miliar.

Nama Bill Gates juga jadi pembicaraan pada masa awal pandemi lantaran ketepatan prediksi yang ia buat beberapa tahun sebelumnya.

Pada beberapa kesempatan, Gates sempat menyebut bahwa bahaya di masa depan bukanlah perang fisik. Melainkan perang melawan virus. Hal itu lantas menjadi kenyataan dengan pandemi Covid-19.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210120094327-199-596012/isu-vaksin-covid-19-isi-chip-erick-thohir-hingga-bill-gates

Tak Ada ‘Kebanyakan’ Olahraga untuk Jantung Sehat

0
Para ilmuwan mengungkapkan bahwa tak ada jumlah olahraga yang terlalu banyak 
jika menyangkut masalah kesehatan jantung. (Istockphoto/ Drazen Zigic)

CNN Indonesia | Minggu, 17/01/2021 19:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Berapa lama durasi dan jumlah olahraga yang terlalu banyak? Para ilmuwan mengungkapkan bahwa tak ada jumlah olahraga yang terlalu banyak jika menyangkut masalah kesehatan jantung.

Hal ini diungkapkan pada Selasa dalam penelitian yang menghilangkan mitos bahwa aktivitas fisik tingkat tinggi mungkin tidak selalu bermanfaat.

Penelitian menemukan “setiap gerakan penting” untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kata para ilmuwan, dengan risiko terendah untuk penyakit jantung terlihat pada orang yang paling banyak berolahraga.

4 Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

0
Bukan cuma sekadar tanaman hiasan yang lucu dan unik, ada juga manfaat ciplukan 
untuk kesehatan. (iStockphoto/kckate16)

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 10:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Jika Anda menonton serial drama Korea Tale of the Nine Tailed, Anda pasti akrab dengan pohon lentera China atau dikenal dengan ciplukan. Bukan cuma sekadar hiasan, tapi ada juga manfaat ciplukan untuk kesehatan.

Chinese lantern atau ciplukan atau peruvian groundcherry memiliki nama latin Physalis peruviana.

Physalis adalah buah beri dari keluarga tumbuhan Solanaceae, yang meliputi tomatillo, beri emas, dan ground cherry.

Ciplukan sebenarnya merupakan buah beri asam yang sedikit menyerupai tomatillo dan terbungkus dalam lapisan daun tipis. Lapisan daun tipis inilah yang akan membuat tampilannya mirip lentera China berukuran kecil. Meski demikian ciplukan bukan berasal dari Asia, termasuk China atau Indonesia. Buah ini justru berasal dari negara-negara Amerika Selatan, termasuk Brasil, Peru, Colombia, Ekuador, dan Chili.

Ciplukan adalah buah serba guna yang bisa dimakan mentah, dimasak, atau dalam bentuk selai atau jeli. Ini adalah sumber yang kaya vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya.

Manfaat ciplukan

Satu hal yang harus diingat adalah pastikan Anda makan ciplukan yang sudah matang. Ini ditandai dengan buahnya yang berwarna oranye terang dan daun penutup luarnya sudah berwarna cokelat.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu cangkir ciplukan mengandung lebih dari 50% nilai harian (DV) vitamin C. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Ini juga berperan dalam pembentukan kolagen, yang mendorong penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C meningkatkan nutrisi lainnya. Ini membantu tubuh Anda menyerap zat besi dan membuat antioksidan lain, seperti vitamin E.

2. Anti-Inflammatory dan melawan kanker

Ciplukan mengandung steroid yang disebut withanolides. Withanolides dapat membantu melawan kondisi peradangan, seperti radang sendi, lupus, dan penyakit radang usus (IBD).

Withanolides juga dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Para peneliti sedang mempelajari penggunaan withanolides untuk menargetkan dan membunuh sel kanker tertentu.

chinese lantern plants atau Physalis peruviana

Foto: iStockphoto/nabiru
chinese lantern plants atau Physalis peruviana

3. Menjaga kesehatan tulang

Mengutip WebMD, makan buah ciplukan matang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Kebanyakan orang tahu bahwa kalsium sangat penting dalam membangun dan memelihara massa tulang. Namun, kalsium juga berperan besar dalam fungsi tubuh seperti: kontraksi otot, mengatur irama jantung, produksi hormon, dukungan untuk pembuluh darah yang sehat, kesehatan pencernaan.

Kandungan pektin yang tinggi pada ciplukan juga membuatnya cocok untuk membuat selai dan jeli, namun pektin juga merupakan sumber serat yang baik. Serat makanan membantu memindahkan makanan melalui usus besar (usus besar) untuk mencegah sembelit. Ini juga menyerap air di tinja agar lebih lembut dan lebih mudah melewati sistem pencernaan Anda.

4. Nutrisi

Manfaat ciplukan untuk kesehatan juga terlihat dari kandungan vitamin C yang tinggi. Ciplukan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mendorong penyembuhan luka. Nutrisi lain yang ditemukan di ciplukan termasuk beta-karoten dan vitamin K.

Temukan manfaat ciplukan untuk kesehatan dengan cara pengolahan yang tepat, misalnya tidak terlalu banyak menambah gula ke dalam olahan ciplukan.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210118081512-262-594947/4-manfaat-ciplukan-untuk-kesehatan-tubuh

Turut Berduka

0

Saya Siap Di Vaksin!!!

Hallo semua SIVITAS DAN ALUMNI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA!
Ayo kita memasang profil WA atau upload di sosial media dengan twibbon SIAP DIVAKSIN dengan link berikut :

https://www.twibbonize.com/TWIBBONVAKSINUSMINDONESIA

– klik tombol Pilih Foto
– lalu pilih foto yang ingin digunakan di gadget anda, lalu klik ok
– sesuaikan foto dengan frame yang ada
– jika sudah pas, lalu klik Crop!
– tunggu proses download selesai
– klik download
– selesai.

Bantu share ke yang lain ya..
Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir. Terimakasih
dan salam sehat 🙂

(Tag 3 of your friends or more here)
Get yourself this twibbon at twibbonize.com/twibbonvaksinusmindonesia
Also follow @twibbonize on Instagram
#twibbonize

5 Cara untuk Mengoptimalkan Kesehatan di 2021

0
Terdapat beberapa cara untuk mengoptimalkan kesehatan Anda di tahun 2021. 
(iStockphoto/ Drazen Zigic)

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 10:49 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Tahun baru lekat dengan resolusi, termasuk untuk kembali menjalani hidup sehat. Saat mengevaluasi capaian tahun lalu, mungkin Anda merasa kurang sehat akibat konsumsi makanan tidak teratur, minim aktivitas fisik akibat berada di rumah saja dengan aturan work from home.

Angela Wright Marshall, presiden dan CEO Comprehensive Women’s Health, mengatakan dia memiliki pasien yang ingin meningkatkan kesehatan mereka. Namun, dokter lain biasanya tidak begitu mengacuhkan karena pasien tidak memiliki penyakit kronis.

“Satu hal yang saya pelajari dalam mempraktikkan kesehatan perempuan selama bertahun-tahun adalah bahwa saya dapat menemukan rekomendasi agar semua orang merasa lebih baik sekarang dan menjaga kesehatan mereka untuk masa depan,” kata Marshall, dikutip dari Livestrong.

1. Cari tahu riwayat keluarga

Menurut Marshall, hal pertama yang diperhatikan adalah riwayat penyakit pribadi dan keluarga. Cek jika orang tua memiliki penyakit jantung, diabetes atau saudara ada pernah didiagnosis kanker sejak dini.

Bukan berarti Anda akan memiliki penyakit serupa seperti mereka tetapi riwayat keluarga bisa jadi jendela risiko bagi kesehatan Anda.

Dari sini, dokter bisa memberi tahun tes yang diperlukan dan mengembangkan jadwal skrining. Karena dalam situasi pandemi, konsultasi sebaiknya dilakukan secara virtual baru kemudian tes.

2. Atasi stres

Ini terdengar klise, tetapi Marshall berpendapat bahwa mengatasi stres memang benar-benar dibutuhkan saat ini. Stres meningkatkan tingkat epinefrin (adrenalin) dan kortisol sehingga tekanan darah meningkat.

Tekanan darah yang tidak terkontrol bisa mengakibatkan stroke, serangan jantung, gagal jantung, penyakit ginjal dan banyak penyakit lainnya.

Bagaimana cara mengurangi stres?

Marshall menyarankan untuk mengidentifikasi sumber stres. Sumber stres misal atasan, pekerjaan, hubungan yang tidak sehat, terlalu memaksakan diri, ekspektasi terlalu tinggi kemudian selami lebih dalam. Saat menggali, biarkan proses ini memberitahu Anda langkah yang perlu diambil setelahnya.

Mengoptimalkan kesehatan juga berarti mengutamakan perawatan diri. Hal-hal yang mengancam kebahagiaan Anda sama pentingnya dengan yang mengancam kesehatan fisik Anda.

“Kemampuan Anda untuk merawat diri sendiri dan memprioritaskan kebahagiaan Anda sendiri mempengaruhi cara Anda melihat dan mengalami hidup dan pada akhirnya pengalaman hidup Anda,” ujarnya.

3. Tambah kuota olahraga

Paling tidak Anda berolahraga selama 150 menit seminggu. Olahraga bisa diisi dengan latihan kardio sedang seperti berjalan, jogging atau bersepeda. Kemudian tambah dengan latihan kekuatan sebanyak dua kali seminggu.

Latihan kekuatan, misal dengan angkat beban yang akan meningkatkan ketahanan tubuh mulai sekarang hingga di usia lanjut. Marshall bercerita, dia memiliki bibi berusia 94 tahun dan masih melakukan push-up 50 kali sehari.

4. Jangan bergantung layanan pesan-antar

Selama masa pandemi, orang dituntut untuk memasak di rumah. Selain itu makanan dengan sistem pesan-antar pun meningkat. Ini karena kebijakan PSBB termasuk pembatasan jam operasional restoran dan pembatasan jumlah pelanggan di lokasi.

“Apapun yang Anda inginkan, Anda bisa memesannya lewat aplikasi dan tidak berapa lama makanan sampai. Ini berbahaya karena bisa menimbulkan adiksi makanan,” ujar Marshall.

5. Bangun pertemanan sehat

Untuk sehat yang optimal, Anda tidak mesti harus bekerja sama dengan dokter atau konsultan gizi. Membangun lingkaran pertemanan atau lingkungan yang sehat pun bisa mendukung target kesehatan tubuh.

Marshall menganjurkan untuk membangun jaringan yang suportif baik dari teman atau anggota keluarga yang sadar akan kesehatan.

Sederhananya, jika Anda ingin berolahraga lebih sering maka temukan rekan yang juga bersemangat untuk berolahraga.

“Temukan teman yang sedang getol berolahraga dan ikuti momentumnya. Temukan mentor sehingga bisa menciptakan kelompok sehat,” tambahnya..

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210107131139-255-590666/5-cara-untuk-mengoptimalkan-kesehatan-di-2021

Saran Makanan Setelah Divaksin untuk Tingkatkan Imunitas

0
Nutrisi memainkan peran utama dalam kemanjuran vaksin. Berikut saran Makanan 
setelah divaksin untuk tingkatkan imunitas. ( jill111/Pixabay)

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 11:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Vaksin perdana untuk Covid-19 sudah dilaksanakan pada Rabu (13/1). Pengamatan masih terus dilakukan untuk mencegah terjadinya kejadian ikutan pascaImunisasi, termasuk soal makanan setelah divaksin.

Nutrisi memainkan peran utama dalam kemanjuran vaksin. Sebuah studi baru-baru ini di PLOS menyimpulkan bahwa “pemantauan nutrisi mungkin merupakan cara yang praktis dan murah untuk mempengaruhi hasil vaksinasi.” Studi tersebut menunjukkan gizi yang baik adalah kunci untuk memperkuat tanggapan kekebalan terhadap vaksin BCG tuberculosis (TB) dan pengobatan TB itu sendiri.

Tak cuma karena pandemi, Anda harus memperhatikan soal nutrisi untuk kekebalan dan juga makanan setelah divaksin. Pandemi telah memperparah krisis iklim, yang telah menyebabkan peningkatan peristiwa cuaca ekstrem dan kawanan belalang yang menambah tekanan lebih lanjut pada sistem makanan yang rapuh. Sebelum pandemi, diperkirakan ada 690 juta orang yang kekurangan gizi. Menurut Program Pangan Dunia, jumlah tersebut bisa meningkat 132 juta lagi pada akhir tahun ini.

Mengutip Telegraph, penelitian di India tentang pola makan sehat menunjukkan bahwa pola makan yang lebih seimbang dan beragam termasuk buah-buahan, sayuran, protein hewani selain makanan pokok sangat penting dalam meningkatkan gizi masyarakat, terutama anak-anak dan wanita.

Sementara itu tak ada makanan yang lebih dianjurkan dibanding makanan dengan gizi seimbang sebagai makanan setelah divaksin. Pasalnya tak ada makanan yang bakal langsung memberi peningkatan kekebalan usai vaksin, mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mendukung sistem kekebalan yang sehat. Mengutip Eating Well, makanan tertentu, terutama probiotik, dapat memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga Anda tetap sehat dan mampu melawan bakteri dan virus.

Makanlah banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, yogurt dan makanan fermentasi, seperti kimchi dan sauerkraut, untuk menjaga tubuh Anda agar tetap bergizi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Meski demikian ada baiknya untuk sejenak menghindari makanan cepat saji dan juga minuman beralkohol. Sejumlah negara melarang meminumalkoholsebelum dan setelah disuntik vaksin Covid-19. Pasalnya, dikhawatirkan alkohol memiliki efek samping terhadap vaksin Covid-19.

Beberapa waktu lalu, dilaporkan Reuters, pejabat kesehatan di Rusia meminta warganya untuk tidak minum alkohol selama dua minggu sebelum divaksin hingga enam minggu setelah mendapatkan vaksin.

Namun, setelah itu Alexander Gintsburg mengklarifikasi bahwa penerima vaksin tidak boleh minum alkohol selama tiga hari sebelum hingga tiga hari setelah divaksinasi, apapun jenis vaksinnya.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210114105008-262-593569/saran-makanan-setelah-divaksin-untuk-tingkatkan-imunitas

Turut Berduka

0

Selamat & Sukses

Selamat ..!!!
Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia) resmi menerima kepercayaan dari LLDIKTI untuk membuka “Program Studi APOTEKER”…

semoga menjadi wadah dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan para alumni Farmasi se-Indonesia…

Surat Izin Pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Apoteker USM Indonesia

8 Cara Makan Enak dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

0
Makan sehat bukan berarti tak enak. Berikut cara makan enak dan sehat 
untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Kaboompics)

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 07:42 WIB

Jakarta, CNN Indonesia —

Awal tahun merupakan momentum yang tepat untuk memulai kebiasaan baru, termasuk makan enak dan sehat. Anda bisa menerapkan sejumlah cara makan enak dan sehat di masa pandemi Covid-19 pada tahun 2021 ini.

Makan enak dan sehat dapat meningkatkan imunitas, kesehatan fisik dan mental, juga kualitas hidup. Berikut cara makan enak dan sehat di masa pandemi Covid-19 2021.

1. Dengarkan kata hati

Coba dengarkan kata hati Anda sebelum makan, saat makan dan setelah makan. Jika makanan tersebut membuat Anda senang, konsumsi makanan itu secukupnya. Perhatikan juga efek yang ditimbulkan setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Jika makanan itu ternyata membuat ngantuk, sakit perut, lelah, sebaiknya hindari konsumsi makanan tersebut di lain waktu.

2. Pilih makanan yang meningkatkan imunitas

Di masa pandemi Covid-19 ini, penting untuk memilih makanan yang bernutrisi tinggi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang meningkatkan imunitas ini dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan virus dan penyakit.

Buah-buahan, sayuran, ikan berlemak sehat, kerang dapat menjadi pilihan untuk variasi makanan sehat dan pelengkap vitamin serta nutrisi.

3. Makanan beku

Ahli nutrisi dan kontributor CNN Lisa Drayer menyarankan untuk banyak memasok makanan beku yang bernutrisi tinggi. Bukan sosis, nugget, atau bakso, tapi makanan beku seperti buah beku, sayuran beku, tuna kaleng, atau sarden kalengan.

Memasok makanan beku ini dapat mengurangi intensitas untuk keluar rumah atau ke pasar yang sangat berisiko saat ini.

4. Coba resep baru

Pandemi virus corona memberi kesempatan untuk banyak berada di rumah. Coba lah untuk berkreasi dengan resep-resep baru. Anda bisa mencoba resep di media sosial ataupun situs internet.

5. Konsumsi lebih banyak makanan dari tumbuhan

Makanlah banyak makanan yang berasal dari tumbuhan. Pasalnya, 80 persen penyakit kronis dapat dicegah dengan makan lebih banyak makanan dari tumbuhan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, jamur, gandum dan sebagainya.

6. Pilih snack kaya protein dan serat

Makan enak dan sehat bukan berarti tanpa camilan. Pilihlah snack yang kaya akan serat dan protein. Camilan ini membantu tubuh tetap kenyang di sela-sela jam makan.

7. Minum lebih banyak air

Minum lebih banyak air setiap harinya. Konsumsi 2,5 liter air setiap hari untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat anak hilang fokus, stres, dan mengganggu metabolisme serta organ tubuh.

8. Ajak anggota keluarga

Ajak anak, suami, istri, adik, kakak atau seluruh anggota keluarga Anda untuk mulai makan sehat pada 2021. Kegiatan ini akan akan lebih mudah dan menyenangkan jika seluruh anggota keluarga terlibat.

Selamat mencoba cara makan enak dan sehat di masa pandemi Covid-19 2021.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210107150234-262-590744/8-cara-makan-enak-dan-sehat-di-masa-pandemi-covid-19

- Advertisement -