Jakarta, CNN Indonesia — Usia remaja (15–24 tahun) merupakan masa ‘keemasan’ tubuh setiap manusia lho! Karena berada di puncak kinerjanya, yang buat segala penyakit belum nampak. Hal ini disebabkan oleh sel-sel di tubuh kita yang beregenerasi dengan cepat.

Mungkin saja kita sakit tetapi sering sekali hanya penyakit-penyakit yang ringan dan tak jarang cepat berlalu. Sehingga membuat kita lupa kalau tubuh kita butuh dirawat secara konsisten agar di kemudian hari tetap terjaga kebugarannya.

Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi makanan junk food dan tidak berolahraga secara rutin. Ini harus banget diperhatikan kawan! Karena hal tersebut sama saja seperti menabung sedikit demi sedikit penyakit di kemudian hari.

Kita harus sadar bukan hanya nilai materi yang kita tabung namun kesehatan kita jauh lebih penting. Masa depan kita dibentuk oleh setiap keputusan yang kita buat. Maka mulai pilihlah keputusan yang tepat pada masa muda yang berharga dan singkat ini.

Sobat, ada 4 tips yang mungkin sudah sering kalian dengar, tapi tetap dicuekin pula, duuh!
Berikut tips tersebut:

1. Berolahraga rutin
Berolahraga dapat kalian lakukan di tempat pusat kebugaran, taman kota, tempat terbuka, di komunitas olahraga kalian (futsal, basket, dan lain-lain) maupun di dalam rumah. Siapa tahu ketemu jodoh pas olahraga? Hehe. Sobat, yang terpenting adalah menyempatkan diri untuk berolahraga ringan seperti sekadar menggerakkan badan secara aktif selama paling sedikit 20 menit. Jangan malas yah.

2. Memilih makanan 4 sehat 5 sempurna
Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatur porsi makan dengan takaran gizi yang tepat seperti asupan karbohidrat secukupnya, perbanyak sayur dan buah buahan dan lauk pauk yang rendah lemak. Serta hindari terlalu sering memakan junk food, gorengan berlebih dan jeroan. Dan jangan lupa untuk meminum air putih minimal 8 gelas sehari. Faktanya ini juga bermanfaat untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan loh!

3. Beristirahat yang cukup
Waktu tidur yang ideal menurut para ahli adalah 8 jam. Hayoo pasti di antara kalian banyak yang chatting sampai larut malam. Besok lagi aja kali kawan! Nyatanya, bergadang itu merupakan kebiasaan yang merusak tubuh kalian dalam jangka pendek maupun panjang. Pada kasus jangka pendek biasanya si penderita sulit berkonsentrasi dan mudah capek karena tubuhnya kurang beristirahat. Efek jangka panjangnya dapat menimbulkan bermacam penyakit berat di tubuh seperti kanker, alzheimer, diabetes dan gangguan secara psikis. Serem kan? Makanya tidur yang cukup ya.

4. Mulai pola hidup sehat
Nah hal ini paling marak dilakukan oleh anak muda seperti, merokok, minum alkohol sampai penggunaan obat obat terlarang. Selain merusak tubuh hal ini bisa membuat kamu bermasalah dengan lingkungan sosial bahkan menyangkut dengan masalah hukum. Nggak mau kan menyia-nyiakan masa muda kalian? Pilihlah pergaulan yang sehat dan positif. Jadi tetap gaul dan sehat.

Demikian sobat. Semoga artikel bermanfaat bagi kita semua agar kita dapat memulai hidup yang lebih berkualitas sejak dini karena sehat tidak dapat diperoleh dalam sehari, namun keseharian kita. (ded/ded)

Sumber:https://student.cnnindonesia.com/keluarga/20180103104758-436-266312/bikin-hari-tua-seindah-masa-mudamu

LEAVE A REPLY