Collaborative Meeting antara Universitas Sari Mutiara Indonesia, Boromarajonani College of Nursing Sanpasittiphrasong, Thailand dan College of Health Sciences Savannakhet, Laos

Pada tanggal 24 – 28 Juli 2017 lalu, Universitas Sari Mutiara Indonesia menerima kunjungan delegasi dari Boromajonani College of Nursing Sanpasittiphrasong (BCNSP), Thailand, dan College of Health Sciences Savannakhet (CHSS), Laos. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut rencana perpanjangan kerja sama antara USM-Indonesia dengan BCNSP yang akan berakhir di November 2017 dan rencana perintisan kerja sama antara USM-Indonesia dengan CHSS, Laos.

Delegasi BCNSP diwakili oleh Dr. Pattama Phongsiri (Direktur BCNSP), Dr. Duangkamon Norkaow (Deputi Direktur Bidang Akademik), Ms. Jaroonsree Meenongwah (Deputi Direktur Bidang Pelayanan Akademik Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan), Dr. Napat Boontian (Ketua Kantor Urusan Internasional) dan Ms. Pissamai Wongsanga (dosen BCNSP). Sementara itu College of Health Sciences Savannakhet di wakilkan oleh Dr. Sounthone Phothisane (Direktur CHSS) dan Ms. Paniphone Keosilaphone (dosen CHSS). Pada kesempatan tersebut hadir pula Ketua Yayasan Sari Mutiara Medan, Bapak Parlindungan Purba, S.H., M.M.

Dalam kata sambutannya, Bapak Parlindungan Purba, S.H., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan collaborative meeting antara USM-Indonesia, BCNSP, dan College of Health Sciences Savannakhet merupakan kegiatan yang perlu diapresiasi mengingat semakin dekatnya negara-negara ASEAN pada masa free trade, dimana tenaga kerja dari negara-negara di kawasan ASEAN dapat dengan bebas mencari lapangan pekerjaan di negara mana saja di kawasan ASEAN. Beliau juga mengapresiasi langkah aktif USM-Indonesia dalam mempersiapkan diri menyosong diberlakukannya free trade di kawasan ASEAN. Selain itu, beliau juga menghimbau agar MRA (mutual recognition arrangement) menjadi salah satu pokok bahasan dalam collaborative meeting tersebut, di mana kegiatan-kegiatan yang akan dikolaborasikan merupakan kegiatan yang mengarah pada MRA.

Diskusi bersama antara USM-Indonesia, BCNSP, dan CHSS menghasil kesepakatan perpanjangan kerja sama dalam hal pertukaran mahasiswa/ dosen/ peneliti, penelitian bersama, penyelenggaraan seminar bersama, pertukaran budaya yang implementasinya direncanakan dapat dilaksanakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Melalui kegiatan tersebut, College of Health Sciences Savannakhet juga mengundang delegasi USM-Indonesia untuk berkunnjung ke Laos pada bulan September sebagai kunjungan balasan sekaligus untuk mendiskusikan rencana kerja sama lebih lanjut.

 

LEAVE A REPLY