Photo bersama Rektor USM-Indonesia, Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes; 
Dekan Fakultas Sains dan Sistem Informasi, Dini Hutagalung, MSc.; dan 
ke-2 Mahasiswa dari Prodi Farmasi USM-Indonesia.

USM-Indonesia Kirim 2 Mahasiswa Ikuti Festival Riviera India

Sebanyak 2 orang mahasiswa Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia, dan 1 dosen pendamping diberangkatkan mengikuti “Riviera Festival”, sebuah ajang pertunjukan budaya, seni dan olahraga, yang diikuti perwakilan universitas dari puluhan negara. Kegiatan ini berlangsung di Kampus Vellore Institute of Technology (VIT), Vellore, Chennai, bagian selatan India, 13-18 Februari 2019.

Kedua mahasiswa, yang menjadi duta kampus tersebut, masing-masing berasal dari program studi Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Farmasi. Sedangkan dosen pendamping itu sendiri merupakan Dekan Fakultas Sains dan Sistem Informasi USM-Indonesia.

Rektor USM-Indonesia, Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari implementasi kerjasama yang baik, USM-Indonesia dengan VIT yang telah menandatangani Nota Kerjasama (MoU) akhir Tahun 2018 lalu.

“Ini adalah momen yang tepat, sejak kita mulai kerjasama tahun lalu, langsung bisa diimplementasikan melalui kegiatan pertukaran mahasiswa ini. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri dalam menambah kapasitas, memperkenalkan kampus dan seni-budaya bangsa,” terang Ivan.

Pada 21 Januari 2019, kata Ivan, Profesor dari VIT telah memberikan kuliah umum di Kampus USM-Indonesia kepada ratusan mahasiswa mengenai ilmu teknologi data. “Semuanya ini merupakan bagian dari upaya USM-Indonesia meningkatkan kualitas dan bisa goes international,” jelas Ivan.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam festival ini adalah pertunjukan budaya dan seni masing-masing negara. Perwakilan USM-Indonesia akan membawakan tarian Batak Toba, dan Tarian Takengan Aceh, serta pidato tentang kebudayaan di Indonesia. Kemudian menampilkan ragam seni-budaya di Sumatera Utara, dan makanan tradisional dalam suatu stand atau kios yang disediakan.

Selain itu, para peserta dari masing-masing negara juga akan diajak berinteraksi dengan mahasiswa lokal VIT, India, dalam forum diskusi di kelas mengenai praktek tujuan pembangunan berkelanjutan diikuti dengan karnaval budaya.

Sebagai informasi, Festival Riviera ini adalah festival budaya terbesar ke-5 di India, yang dilaksanakan kampus VIT dalam memfasilitasi dan mempromosikan kompetisi yang sehat, kejuaraan, dan keterampilan kepemimpinan.

“Hanya ada dua kampus dari Indonesia yang terlibat dalam Festival Riviera 2019 ini, yakni; perwakilan USM-Indonesia dan Universitas Indonesia,” sebut Karmel Simatupang, Humas USM-Indonesia.

 

 

LEAVE A REPLY