Kampus di China Tawarkan Siswa Ikut Program Turun Berat Badan

0
234

Jakarta, CNN Indonesia — Nilai akhir semester untuk sebuah mata kuliah biasanya ditentukan dari nilai ujian, nilai tugas individu maupun kelompok, juga nilai presentasi. Namun, sebuah universitas di China menerapkan aturan yang cukup unik.

Nanjing Agriculture University menawarkan siswanya ikut program penurunan berat badan, khususnya bagi mahasiswa yang mengalami kelebihan berat badan. Selain nilai akademis, mereka juga akan dinilai berdasarkan total berat badan yang turun.

Ide ini berasal dari salah satu dosen, Zhou Quanfu. Ia melihat mahasiswanya yang bertubuh besar,  dan malas berolah raga karena menurut mereka hal itu tidak berguna. Zhou pun memutuskan untuk memotivasi mereka dengan bentuk fisik sebagai salah satu kriteria penilaian.

Dati total nilai, sebanyak 60 persen ditentukan oleh berapa banyak berat badan yang berkurang dalam periode waktu tertentu. Sedangkan 40 persen dari aktivitas di kelas. Mahasiswa yang mengambil program setidaknya harus menurunkan berat badan sebanyak 7 persen dari berat badan awal di akhir semester, sehingga mereka bisa lulus.

Dilansir dari Oddity Central, baru-baru ini, mahasiswa yang dapat mengikuti program penurunan berat badan tersebut hanya mereka yang lulus tes kesehatan dan memiliki kelebihan berat badan sebanyak 30 persen dari berat badan seharusnya.

Selain itu, indeks massa tubuh harus di atas angka 28. Program tidaklah mudah. Mahasiswa harus mengikuti latihan fisik secara intens dan perubahan asupan makanan yang drastis.

Jika satu mata kuliah diadakan seminggu sekali, maka program istimewa ini diadakan seminggu tiga kali, dengan masing-masing kelas latihan kebugaran selama 90 menit. Latihan tersebut meliputi latihan beban, sit up, plank, jogging, memanjat tangga, dan berlari di treadmill.

Tak hanya itu, asupan makanan juga diperhatikan. Mahasiswa harus mencatat asupan kalori per hari dan mengunggah foto makanan mereka di grup WeChat. Hal ini akan memudahkan ahli gizi untuk memberikan tanggapan maupun saran.

Sejauh ini, program berjalan lancar dan sukses. Salah satu mahasiswa dengan berat badan 110 kilogram mampu menurunkannya ke angka 84,5 kilogram. Zhou berharap mahasiswa lain dapat mengikuti contoh baik ini. Kalau bukan demi kesehatan, setidaknya demi nilai baik di kampus.

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171018094210-282-249158/kampus-di-china-tawarkan-siswa-ikut-program-turun-berat-badan/

LEAVE A REPLY