Magang Mahasiswa Bersertifikat

0
60

KEGIATAN DAN PENGALAMAN PESERTA PROGRAM MAGANG MAHASISWA BERSERTIFIKAT (PMMB) BATCH I UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA DI PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO)

Kami Peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang saat ini masih menjalani kegiatan magang di PT Pelabuhan Indonesia I atau yang sering disebut PT.PELINDO I (Persero), kali ini kami mau bercerita tentang kegiatan kami selama mengikuti program magang.

Program magang merupakan salah satu bagian dari kurikulum pendidikan dalam dunia perkuliahan. Program magang lebih dalam mempraktikkan apa yang selama ini di pelajari dalam teori sehingga diperoleh pengalaman dalam menerapkan ilmu yang di dapat saat belajar teori dalam perkuliahan. Selain itu program magang juga dapat memberikan pengalaman dalam bekerja di tempat magang, tapi dalam hal ini program magang biasa cukup berbeda dengan “Program Magang Mahasiswa Bersertifikat” (PMMB). Jika dalam kegiatan program magang biasa hanya memberikan waktu 1 – 3 bulan dalam kegiatan magang di lingkungan kerja manapun untuk mendapatkan pengalaman bekerja, maka dalam kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) memberikan waktu 6 bulan untuk magang di lingkungan kerja terkhusus di BUMN. PMMB tidak hanya memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman bekerja dan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki di tempat magang, tapi juga membentuk diri kami sebagai calon karyawan yang profesional dan membuat kami dapat beradaptasi di lingkungan kerja.

Kegiatan PMMB ini tidak hanya melibatkan satu universitas, tapi melibatkan banyak universitas baik Universitas Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia. untuk Peserta PMMB Batch 1 PT. PELINDO I melibatkan kurang lebih enam universitas yang ada di Sumatera Utara salah satunya Universitas Sari Mutiara Indonesia. Adapun kami perwakilan Universitas Sari Mutiara Indonesia yang mengikuti PMMB berjumlah 6 orang, jurusan Kesehatan Masyarakat yaitu Nurul Hasanah, Yudo Baskoro R, dan Riri Rikardo Sinaga , dari jurusan Psikologi yaitu Ayu Rizky Siregar, dari jurusan Akutansi  yaitu Prananda Akbar Syam, dan satu orang lagi dari jurusan Sistem Informasi yaitu Anindya Lins. Untuk setiap masing – masing jurusan di tempatkan di divisi yang berbeda sesuai dengan jurusan yang kami miliki. Setiap Peserta dibimbing oleh mentor yang merupakan pegawai tetap yang berpengalaman di setiap divisi tempat mahasiswa magang.

Seperti Kami dari Jurusan Kesehatan Masyarakat, di tempatkan di Divisi Sistem Manajemen dan Kepatuhan (Divisi SMK). Pada divisi tersebut difokuskan di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Kami sebagai Peserta PMMB dididik dan dituntut untuk menjadi pekerja yang profesional dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan pada divisi tersebut. Adapun kegiatan yang melibatkan kami dalam program kerja mereka seperti mengerjakan proyek yang diberikan oleh mentor kami, mengikuti kegiatan Inspeksi K3 di Cabang dengan pegawai PT. PELINDO I, mengikuti rapat dengan para pegawai PT. PELINDO I terkait program yang direncanakan oleh divisi, melakukan survei serta wawancara dengan para pekerja terkait lingkungan kerja di pelabuhan PT. PELINDO I.

Dalam melaksanakan pekerjaan kami untuk mahasiswa dari Universitas Sari Mutiara Indonesia ditempatkan di kantor pusat PT. PELINDO I, tapi meskipun begitu kami juga diminta untuk ditugaskan ke cabang PT. PELINDO I seperti cabang belawan, Belawan International Container Terminal (BICT), dan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB). Dalam kegiatan ini, mahasiswa magang diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama perkuliahan.

Kegiatan yang kami lakukan oleh mahasiswa kesehatan masyarakat yang ditempatkan di divisi sistem manajemen dan kepatuhan berbeda dengan teman-teman di divisi lain.. Untuk teman-teman di divisi lainnya juga hampir sama dengan kegiatan yang dilakukan. Selain dari kegiatan kerja yang kami peroleh, dalam Program PMMB juga memberikan banyak relasi dalam berteman antar universitas. Meskipun ada banyak universitas yang berbeda dalam Program PMMB tapi kami menjadi satu dan selalu kompak sebagai mahasiswa pilihan dari universitas untuk mengikuti Program PMMB di PT. PELINDO I.

Yang tidak kalah menarik dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini adalah kita diberikan uang makan dan transportasi tetapi dibayarkan sesuai dengan jumlah kehadiran mahasiswa ya. Jadi Selain mendapatkan ilmu pengetahuan yang tidak kita dapatkan di perkuliahan, pengalaman bekerja juga dapat bantuan lalu nantinya kita mendapatkan sertifikat baik dari PT. PELINDO I juga dari KEMENTERIAN BUMN dengan syarat wajib lulus Ujian Kompetensiya.

Pengalaman kerja yang kami dapatkan di PT PELINDO I ini sangat banyak dan sangat bermanfaat sebagai bekal menghadapi dunia kerja kedepannya. Kami berharap setelah kami, teman – teman lainnya dapat berkesempatan untuk mengikuti Program PMMB Batch II. Ayo teman – teman semangat untuk ikut Program Magang Mahasiswa Bersertifikat di Batch – Batch berikutnya, mari sama – sama kita bawa nama Kampus kita Universitas Sari Mutiara Indonesia tercinta.

Salam dari kami Peserta Magang Mahasiswa Bersertifikat Batch 1

LEAVE A REPLY