National Virtual Career Fair

0
93

Pusat Karir Perguruan Tinggi se-Indonesia Luncurkan National Virtual Career Fair

 

Pusat Pengembangan Karir USM-Indonesia berkolaborasi dengan kurang lebih 100 pusat karir Perguruan Tinggi se-Indonesia  meluncurkan bursa kerja virtual yang disebut dengan National virtual Career Fair (NVCF) Tahun 2020 pada Sabtu, (4/7) kemarin.

Acara peluncuran ini disaksikan langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Karnirius Harefa, S.Kep., S.Pd., M.Biomed bersama dengan pengelola Pusat Pengembangan Karir USM-Indonesia. Pembentukan NVCF sendiri sudah dimulai sejak bulan Maret 2020, sebagai inisiatif dari pengelola pusat karir, yang diharapkan dapat memberikan solusi bagi para alumni perguruan tinggi untuk bisa terserap di dunia kerja maupun usaha walau pandemi Covid-19 melanda.

Saat ini, kurang lebih 100 pusat karir Perguruan Tinggi yang berasal dari seluruh Indonesia sudah bergabung dan mengadakan berbagai kordinasi dan webinar dengan council yang diinisiasi oleh ECC Pusat Karier Fakultas Teknik UGM dengan ketua Nurhadi Irbath selaku CEO dari ECC. Sekitar 23 perusahaan nasional baik multinasional juga sudah resmi bergabung sebagai sponsor atau  pengguna yang akan merekrut alumni dengan mengedepankan kemampuan teknologi informasi. Proses pengajuan lamaran hingga wawancara akan dilakukan secara daring, sehingga kandidat dan pengguna tidak harus bertemu secara fisik.

NVCF 2020 tentunya mendapatkan dukungan yang sangat besar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, dimana Direktur Jenderal Dikti Prof. Nizam, PhD, dalam sambutannya mengatakan, “Bursa kerja virtual adalah cara baru untuk menghubungkan lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja, terlebih di masa pandemi saat ini. Program ini akan menyeleksi talenta terbaik untuk tetap bisa berkarir di dunia kerja”. Hal serupa juga dinyatakan oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Prof. Aris Djunaidi yang berkesempatan membuka acara ini secara resmi.

Dalam kegiatan ini turut dihadirkan sejumlah perusahaan pengguna yang sudah menjadi sponsor NVCF seperti Marck Sharp Dohme, Bank Central Asia, Sinarmas Mining, Bank Danamon, dan Astra Daihatsu Motor yang berbagi tentang inovasi dan value yang dikerjakan oleh masing-masing perusahaan selama Pandemi COVID-19 ini untuk mengembangkan perusahaan mereka.

Diharapkan, bursa kerja virtual menjadi solusi informasi karir bagi para lulusan. Meskipun sektor industri dan perekonomian mengalami kelesuan akibat pandemi, lulusan masih memiliki kesempatan untuk mendapat peluang kariernya.

LEAVE A REPLY