Aksi Sosial Pembagian Masker

0
114

UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MELAKUKAN AKSI SOSIAL PEMBAGIAN MASKER GRATIS DI SD AMAL LUHUR

Kebakaran yang terjadi di Riau ternyata menimbulkan kabut asap yang cukup tebal dan berdampak ke berbagai daerah. Salah satu daerah yang terkena dampaknya adalah kota Medan. Kabut asap yang cukup tebal membuat masyarakat kota Medan sedikit resah. Kabut asap yang melanda kota Medan menyebabkan status kualitas udara di kota ini masuk kategori tidak sehat. Pemerintah Kota Medan mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, dan segera ke sarana kesehatan terdekat jika mengalami gangguan kesehatan seperti sesak nafas.

Universitas Sari Mutiara Indonesia, yang merupakan kampus tanggap bencana akhirnya melakukan Aksi Sosial ke beberapa SD di sekitar kampus tersebut. Aksi Sosial ini di pimpin langsung oleh bapak Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep selaku dosen pengajar mata kuliah Keperawatan Bencana disertai oleh Ns. Edriani Y. Simanjuntak, S.Kep, M.Kep dan Ns. Siska Evi Simanjuntak, S.Kep, M.Kep. Aksi sosial ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa mahasiswi S1 Keperawatan tingkat IV. Aksi sosial ini di adakan pada hari Jumat, 27 September 2019 di SD Swasta Amal Luhur. Aksi sosial tersebut berupa penyuluhan kesehatan serta pembagian masker gratis untuk setiap siswa siswi disana. Dari kelas 1 sampai kelas 6 SD semuanya mendapatkan informasi terkait dampak kabut asap dan di berikan masker gratis sebanyak 1 per orang.

Kegiatan aksi sosial ini mendapatkan dukungan positif dari Pemilik Yayasan, Kepala Sekolah, serta guru-guru di SD Swasta Amal Luhur. Para mahasiswa yang melakukan aksi sosial juga dapat dengan cepat menjalin hubungan baik dengan siswa siswi disana. Di balik itu semua, ternyata banyak para siswa siswi yang tidak tahu dampak kabut asap sehingga mereka sama sekali tidak ada yang memakai masker. Dengan kedatangan mahasiswa mahasiswi Universitas Sari Mutiara Indonesia akhirnya mereka mengetahui berbagai hal tentang dampak kabut asap terutama dampaknya bagi kesehatan.

Kegiatan aksi sosial ini berlangsung dengan sangat baik dari awal hingga akhir. SD Swasta Amal Luhur juga menyambut para mahasiswa mahasiswi serta para dosen dengan sangat baik dan hangar. Bahkan pihak sekolah meminta agar para mahasiswa mahasiswi sering melakukan aksi sosial di sekolah tersebut.

Melalui kegiatan ini, di harapkan agar mahasiswa mahasiswi semakin peduli terhadap keadaan sekitar serta tanggap terhadap bencana yang sedang terjadi. Aksi sosial banyak memberikan dampak positif untuk banyak orang. Melalui hal kecil kita dapat menyelamatkan banyak jiwa. Universitas Sari Mutiara Indonesia, kampus tanggap bencana !.

Redaksi :

Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep

Theresia Yuni F.S

LEAVE A REPLY