USM-Indonesia Terima Kunjungan Enam Perguruan Tinggi Filipina Untuk Penjajakan Kerjasama

Sebanyak enam Perguruan Tinggi dari Filipina berkunjung ke Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia dalam rangka penjajakan kolaborasi pendidikan khususnya di bidang ilmu kesehatan.  Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Rektor USM-Indonesia dan PPNI Kota Medan, yang dilaksanakan di Ign. Washington Purba Hall, Kampus USM-Indonesia, Jalan Kapten Muslim, No. 79 Medan, Selasa, 31 Juli 2018.

Kesempatan ini juga dihadiri oleh institut kesehatan lain di Kota Medan dalam rangka menjalin kerjasama, diantaranya, STIKES Mitra Husada, STIKES Helvetia, STIKES Rumah Sakit Haji, dan STIKES Flora.

Rektor USM-Indonesia, Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes dalam sambutannya mengatakan sangat senang dan berterimakasih atas kunjungan ini dan pihaknya sangat terbuka untuk melakukan kerjasama ke depan dengan pihak Perguruan Tinggi Filipina. Universitas-universitas di Filipina, khususnya di bidang Ilmu Keperawatan termasuk yang terbaik di Asia Tenggara.

“Saya sangat senang kunjungan dan dan diskusi yang akan kita lakukan dalam rangka kolaborasi pendidikan, dan ke depan akan sangat besar peluang untuk kita bekerja sama, baik USM-Indonesia maupun Institut Kesehatan lain di Kota Medan ini, saya berharap semoga kesempatan yang baik ini kita gunakan untuk menjalin kerjasama ke depan,” ucapnya.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Medan, Jefri Banjarnahor, yang ikut hadir dalam pertemuan ini, juga sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

“Terimakasih kepada USM-Indonesia yang telah memfasilitasi kegiatan ini, dan telah menjembatangi universitas-universitas lain untuk mendapatkan informasi peluang kerjasama di bidang kesehatan  dengan Filipina. Dan saya berharap dengan terlaksananya kegiatan ini semoga ke depan dapat meningkatkan kualitas perawat di Indonesia khususnya di Kota Medan,” terangnya.

Enam Perguruan Tinggi dari Filipina yang berkunjung ke USM-Indonesia yakni San Pedro College, Far Eastern University, Centro Escolar Unversity, University of Perpetual Help DALTA, Unversity of Sto. Tomas dan Saint Louis University. Turut dihadiri oleh President Association of Deans  of Philppine Colleges of Nursing dan Commercial Attache, Philippines Trade Ivesment Centre-Jakarta dan delegasi Kedutaan Filipina untuk Indonesia.

President Association of Deans  of Philppine Colleges of Nursing Dr. Mary Grace C. Lacanaria, P.hd, memperkenalkan delegasi pimpinan Perguruan Tinggi dari Filipina yang bisa diajak kolaborasi ke depan dibidang Ilmu Kesehatan. Pihak pimpinan Perguruan Tinggi dari Filipina juga antusias memperkenalkan kampusnya masing-masing. Adapun area kerjasama yang akan dilakukan ke depan adalah, pertukaran pelajar dan dosen, studi S1, S2, dan S3 di bidang Ilmu Keperawatan dan jurusan lainnya, kesempatan untuk riset dan publikasi bersama.

Diakhir kegiatan, USM-Indonesia memberikan cinderamata kepada masing-masing pimpinan Perguruan Tinggi dari Filipina yakni Ulos yang langsung diberikan Rektor. (*Humas)

LEAVE A REPLY