Webinar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Program Studi, “Pengembangan Kompetensi Akuntansi Cerdas Berkarakter”. Program Bantuan Program Studi Menjadi Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM)

0
27

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi dan meningkatkan link and match antara lulusan pendidikan tinggi dengan dunia kerja di era industri 4.0 telah membuat kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi. Kebijakan baru tersebut adalah Kampus Merdeka.

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja, dan siap berkembang Dalam rangka mendukung program MBKM yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, diperlukan program studi yang memiliki pusat keunggulan dalam mengimplementasikan program MBKM tersebut sehingga dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi dan prodi lainnya. Untuk itu, melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuat program bantuan Program Studi Menjadi Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Program bantuan ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi dengan memfasilitasi, mendorong, mempercepat perguruan tinggi mencapai tujuannya yang tercermin dalam 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU PT) yang ditetapkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 tentang IKU PTN dan LLDikti di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, khususnya terkait dengan: (1) aspek peningkatan kualitas lulusan yaitu kesiapan kerja lulusan dan pengalaman belajar mahasiswa paling sedikit 20 sks di luar kampus; dan (2) aspek peningkatan kualitas kurikulum dan pembelajaran yaitu kemitraan program studi dan metode pembelajaran dengan menggunakan salah satu atau kombinasi dari metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project) dan penilaian yang terkait.

Perkembangan teknologi saat ini diperlukan penyelarasan Kurikulum Program Studi dengan tuntutan pengguna lulusan karena kurikulum merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan kebutuhan di dunia usaha/dunia industri dan perkembangan IPTEK yang dituangkan dalam capaian pembelajaran. Program Studi Akuntansi dan seluruh Program Studi di USM-Indonesia harus dapat memaksimalkan Link and match dengan dunia usaha/dunia industri dengan cara memberikan kebebasan mahasiswa yang mengambil SKS pembelajaran di luar program studi baik di dalam USM-Indonesia dan luar USM-Indonesia serta pembelajaran mahasiswa di luar Perguruan Tinggi. Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi, Pertukaran Pelajar, Magang/Praktek Kerja, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha dan Studi/Proyek Independen.

Maka berkaitan dengan hal diatas perlu dilaksanakannya reorientasi dan rekonstruksi Kurikulum Program Studi Akuntansi USM-Indonesia sesuai amana MB-KM. dalam kesempatan ini kita mengundang Bapak Dr. Chandra Situmeang SE, MSM, MPd, Ak, CA, CPA selaku Narasumber kita dapat membimbing kita dan membantu kita dalam merekonstruksi Kurikulum Program Studi sesuai Amanah MBKM. Melalui kegiatan Webinar Kurikulum MB-KM di Program Studi Akuntansi USM-Indonesia akan tersusunnya Buku Kurikulum MB-KM Program Studi Akuntansi dan juga Prodi-Prodi yang di USM-Indonesia yang sudah disahkan oleh Rektor USM-Indonesia sehingga TA. 2021/2022 seluruh prodi sudah menggunakan kurikulum MB-KM. demikian disampaikan Heri Enjang Syahputra, SE., M.Ak selaku pelaksana Program CoE dan juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial.

Kegiatan ini di buka oleh Rektor USM-Indonesia Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Bapa Ns JANNO SINAGA, S.Kep, M.Kep, Sp.KMB, Ketua LPMI, Ibu NS. Laura Mariati Siregar, S.Kep.,M.Kep, Ketua LPPM, Bapak Adiansyah, S.Si., M.Si, Dekan FIKES Ibu Taruli Rohana Sinaga, M.KM., Dekan FIP Dra. Panniance Lumbantobing, M.PSi, Dekan Vokasi Elsarika Damanik, SST.,M.Kes, seluru Kaprodi dan Sekpro serta Dosen-dosen Program studi Akuntansi.” Kamis, 22 Juli 2021.

Follow Media Sosial USM-Indonesia :
Facebook, Instagram, Tiktok : @usm.indonesia
Website : www.sari-mutiara.ac.id

 

LEAVE A REPLY