Simulasi Pembuatan Biopori

0
106

UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MELAKUKAN SIMULASI PEMBUATAN LUBANG BIOPORI

Medan adalah salah satu kota yang cukup sering terkena banjir di karenakan beberapa faktor. Banjir kerap menjadi masalah yang cukup serius karena mengganggu aktivitas masyarakat di kota Medan. Bukan hanya mengganggu aktivitas masyarakat, namun juga memberikan dampak yang negatif. Beberapa dampak tersebut seperti merusak ketahanan bangunan, menyebabkan munculnya berbagai penyakit, dan masih banyak lagi. Universitas Sari Mutiara Indonesia yang merupakan kampus tanggap bencana akhirnya mengadakan simulasi pemasangan Biopori. Ada yang tahu apa itu Biopori? Biopori merupakan alat yang di tanam di dalam tanah, alat ini mampu meresap air saat hujan sehingga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi banjir. Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah..

Simulasi pemasangan Biopori ini di bimbing langsung oleh bapak Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep selaku dosen pengajar mata kuliah Keperawatan Bencana. Simulasi pemasangan Biopori ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa mahasiswi jurusan S1 Keperawatan tingkat IV. Kegiatan simulasi tersebut di adakan pada hari Jumat, 4 Oktober 2019 di Lapangan. Kegiatan ini mengundang perhatian para mahasiswa mahasiswi lain karena di adakan di tengah tengah kampus. Mahasiswa mahasiswi yang mengikuti simulasi pemasangan Biopori tersebut terlihat sangat antusias serta bersemangat saat mengadakan simulasi karena ini adalah kegiatan baru bagi mereka.

Simulasi pemasangan Biopori ini berjalan dengan lancar. Dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak, maka mereka di bagi beberapa kelompok. Seluruh kelompok berhasil melakukan pemasangan Biopori dengan baik. Terlihat seluruh mahasiswa yang mengikuti simulasi pemasangan Biopori itu bersemangat selama kegiatan berlangsung.

Rektor Universitas Sari Mutiara Indonesia, Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini karena dapat mengembangkan wawasan para mahasiswa dalam penanganan bencana banjir. Melalui simulasi ini, di harapkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan simulasi tersebut secara langsung di tengah tengah masyarakat . Universitas Sari Mutiara Indonesia kampus tanggap bencana!

 

Redaksi :

Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep

Theresia Yuni F.S

LEAVE A REPLY